Perencanaan Karir

Gaji Besar Bukan Jaminan!

gaji-besarGaji besar bukan jaminan perusahaan tersebut baik buat Anda. Ada beberapa hal yang wajib Anda cermati sebelum akhirnya Anda mengiyakan tawaran tersebut. Pada dasarnya, biasanya perusahaan barulah yang berani memberikan permulaan lebih besar.

Untuk perusahaan-perusahaan yang sudah lebih lama berdiri, biasanya lebih menjual stabilitas dan nama besar, sehingga biasanya mereka memberikan gaji yang standard saja. Pun, jika Anda tidak memiliki sesuatu yang “menggigit” mereka menolak untuk menyetujui tawaran Anda soal gaji.

Karena biasanya perusahaan besar—apalagi sifatnya grup dalam arti memiliki anak perusahaan memberikan kelebihan soal fasilitas. Sedangkan perusahaan baru karena memang sedang hangat-hangatnya, belum begitu banyak menyediakan fasilitas yang memadai kepada karyawannya. Namaya juga perusahaan yang sedang berkembang.

Lantas apakah, perusahaan baru tidak memberikan jaminan karier Anda bakal cemerlang? Tidak juga. Kembali lagi yang harus Anda pertimbangkan adalah tujuan serta harapan Anda bekerja di sebuah perusahaan apa.

Apakah perusahaan tersebut dapat mengakomodasi apa yang menjadi keinginan Anda akan sebuah karier atau tidak. Apa Anda bisa berkembang dan mencapai apa yang menjadi cita-cita, sesuai dengan minat, passion dan pendidikan? Kesemuanya ini harus menjadi pertimbangan Anda. Jangan asal terima dan lamar karena tawaran gaji yang tinggi.

Perusahaan baru tidak selamanya memosisikan Anda pada sesuatu yang tidak stabil. Karena, jika perusahaan tersebut serius, Anda bisa ikut memajukan dan berkembang bersama dengannya.

Memajukan dalam arti, karena Anda dan perusahaan tersebut “jalan” bersama, Anda ikut membangun sistem perusahaan tersebut, menjadi bagian dari sistem, bisa jadi Anda ikut terlibat membangun sistemnya. Sesuatu yang Anda terlibat sangat jauh didalamnya akan dengan mudah melebur di dalamnya.

Sedangkan perusahaan lama, biasanya Anda tinggal mengikuti sistem yang ada saja. sulit buat Anda memberikan sumbangsih perubahan kepada perusahaan tersebut. Mengingat perusahaan tersebut sudah memiliki sistemnya sejak awal yang tidak bisa diganggu-gugat.

Belum lagi kesulitan dimana ada banyak orang-orang lama yang menganggap perusahaan tersebut seakan miliknya pribadi—atas dasar lebih dulu bergabung. Ada banyak pertimbangan yang perlu Anda ingat kembali jangan sampai salah mengambil keputusan.