Kolom Pencari Kerja

Gagal Mendapat Pekerjaan, Apa yang Harus Dilakukan?

Gagal Dapat KerjaTidak ada cara ataupun penjelasan yang lebih masuk akal selain terus mencoba lagi dan lagi. Kegagalan mencari pekerjaan adalah hal yang lumrah terjadi. Semua orang pernah mengalaminya.

Memang sih siapa yang mau bersusah-susah mendapat pekerjaan? Semua orang tentunya ingin mendapatkan pekerjaan di lamaran pertama yang dijatuhkannya. Sayangnya hidup tidak selalu seperti yang kita inginkan. Lantas apa yang semestinya kita lakukan bila banyak menemukan kegagalan di perjalanan mencari pekerjaan?

  1. Tetap Semangat

Terdengar klise? Namun kebanyakan orang akan mengalami stres dan bisa menjadi depresi ketika belum kunjung juga mendapatkan pekerjaan. Penting buat kita untuk tetap menjaga semangat, supaya tidak turun bahkan malah melempem. Karenanya tetaplah berpikiran positif senantiasa.

  1. Intropeksi

Jangan lupa, satu hal lain yang perlu kita lakukan adalah intropeksi diri. Kira-kira apa yang menyebabkan kita bisa gagal terus. Pertama yang perlu dicek adalah CV yang kita kirimkan selama ini apakah ternyata ada kesalahan atau tidak. Bisa jadi tanpa kita sadari, CV tersebut tidak memuat apa yang dicari perusahaan.

  1. Kesalahan Pada Wawancara

Kemudian coba ingat-ingat kembali, mungkin saja jawaban-jawaban yang kita berikan saat wawancara tidak sesuai, berlebihan atau bahkan kegugupan membuat user menjadi enggan melanjutkan wawancara. Ini bisa jadi poin penting yang selayaknya diperhatikan. Bila memang kita merasa jawaban-jawaban sebelumnya tidak begitu meyakinkan user tidak ada salahnya kita mengganti jawaban-jawaban tersebut dengan kalimat-kalimat yang lebih singkat dan meyakinkan di wawancara ke depannya.

  1. Ketinggian

Bisa jadi salah satu penjelasan lain adalah posisi yang kita lamar ketinggian sehingga tidak sesuai kualifikasi. Sudah sewajarnya kita menyadari kemampuan diri lalu menyesuaikannya dengan posisi yang dilamar. Jangan ketinggian juga kerendahan. Sama halnya dengan gaji. Apalagi kalau ternyata kita seorang fresh graduate, tentu saja posisi tawar belum bisa dibilang lumayan untuk kondisi demikian.

  1. Perbanyak Ilmu

Cobalah di sela-sela menunggu panggilan pekerjaan diisi dengan hal-hal bermanfaat yang sekiranya dapat meningkatkan kemampuan. Bisa dengan aneka workshop yang sesuai dengan bidang yang ditekuni, kemudian pelatihan-pelatihan khusus yang bisa menambah skill dan lain-lainnya.