Kolom Pencari Kerja

Duh, Kenapa Belum Dipanggil Juga?

Siapapun kita yang pernah melamar pekerjaan pasti merasakan hal ini dan menanyakan kenapa lamaran yang sudah dikirimkan belum mendapat respon juga dari perusahaan yang dilamar. Padahal Anda merasa sudah memberikan CV terbaik dan posisi yang dilamar sudah sesuai dengan pengalaman. Tapi kenapa Anda belum dipanggil juga?

1. CV Tidak Rapi

Bisa jadi Anda merasa CV yang Anda buat dan kirim sudah andalan sekali tapi belum tentu sudah yang terbaik. Kerapian, ketelitian, kejelian dalam penyusunan CV menjadi pertimbangan buat HRD untuk memanggil Anda ke tahap selanjutnya atau nggak. Jadi kalaupun Anda merasa pengalaman Anda sudah tepat untuk posisi yang dibutuhkan tapi Anda minus di ketelitian, bisa jadi ini alasan kenapa Anda belum dipanggil juga.

2. Pengalaman Masih Kurang

Karena Anda mengincar posisi yang terlalu tinggi misalnya Senior Public Relation padahal di iklan lowongan yang dibutuhkan adalah pengalaman mumpuni sedangkan Anda masih tiga tahun berpengalaman di posisi tersebut. Jadi Anda lebih cocok untuk menempati posisi Junior Public Relation. Besar kemungkinan ini yang jadi kendala kenapa Anda belum dipanggil juga. Sebenarnya kalau perusahaan tertarik dengan kualitas Anda dan memang posisi Junior ada, ada kemungkinan Anda dipanggil.

3. Ada Calon yang Lebih Berkualitas

Jangan sedih, di atas langit masih ada langit. Bisa jadi kenapa perusahaan tidak juga memanggil Anda karena mereka sudah menemukan calon yang lebih baik dan kompeten dibandingkan Anda. Bagaimanapun perusahaan pasti memili calon yang terbaik dan tidak mau menghabiskan waktu untuk melakukan pencarian jika memang sudah menemukan calon andalannya.

4. Anda Terlalu Tinggi Menargetkan Gaji

Bisa jadi alasan perusahaan tidak memanggil Anda karena Anda terlalu tinggi menargetkan gaji. Bisa jadi perusahaan yang Anda lamar termasuk start up jadi belum bisa memberikan gaji yang sepadan dengan Anda atau memang perusahaan besar namun mereka menganggap gaji yang Anda minta tidak sepadan dengan pengalaman yang Anda miliki.

Ada banyak sebab sih, kenapa perusahaan belum memanggil. Sebaiknya cek tanggal deadline pengiriman surat lamaran kalau Anda masih berada di dalam rentang deadline berarti perusahaan sedang mengumpulkan kandidat-kandidat terbaiknya. Kalau Anda sudah melewati dua minggu masa deadline sebaiknya Anda mencoba yang lain saja dan tidak perlu menunggu lagi.