Kolom Pencari Kerja

Ciri-ciri Calon Karyawan Favorit User

Jadilah calon karyawan favorit user. Dengan menjadi unggulan di mata user ada kemungkinan besar Anda bisa berlanjut di seleksi berikutnya. Ini dia caranya…

1. Penampilan Atraktif

Atraktif tapi sederhana dan tidak berlebihan. Tidak hanya user, kita semua tentunya lebih senang dengan orang-orang berpenampilan menarik dan ciamik. Tidak hanya enak dipandang apalagi kalau rapi dan bersih. Tentunya bila ini disertai dengan kemampuan yang cerdas juga.

2. Percaya Diri

Tidak ada perusahaan yang menolak calon karyawan dengan tingkat percaya diri yang baik. Bagaimanapun juga percaya diri yang baik akan membentuk cara seseorang berinteraksi dengan orang lain. Makanya rasa percaya diri yang baik itu penting. Ini lebih berkaitan kepada caranya bersosialisasi dan membawa diri.

3. Sopan

Sepintar apapun seseorang bila tidak memiliki attitude yang baik tidak akan mendapat respon yang baik dari perusahaan ataupun user. Sopan dilihat dari caranya berpakaian, berbicara, menjawab pertanyaan, duduk, responnya terhadap pertanyaan user dan lain-lain.

4. Tahu Menempatkan Diri

Adalah poin penting lainnya yang menjadi ciri favoritnya user. Tentunya Anda pernah mendengar istilah yang menyebutkan, “komentar yang tepat di saat yang tepat.” Hal ini berkaitan erat dengan cara Anda merespon apapun isu yang dilemparkan kepada Anda. Makanya baik buat Anda jika Anda memiliki kemampuan responsif yang baik. Mengomentari sesuatu tepat sasaran.

5. Apa Adanya

Menjadi apa adanya artinya Anda tidak perlu melebih-lebihkan diri Anda bila itu bukan Anda. Jadilah diri sendiri dan mengambil atensi user dengan ciri khas Anda tersebut. Bagaimanapun user akan tahu kalau Anda sedang berbohong, menjadi orang lain dan merebut perhatiannya dengan cara curang.

6. CV Out Standing

Bagaimanapun tidak ada yang bisa mengalahkan CV memuaskan dari seorang calon karyawan. Apalagi jika Anda memiliki pengalaman yang cukup baik. Pasti tentu saja Anda akan mencuri perhatian user sehingga membuatnya memanggil Anda. Nah, sekarang tinggal bagaimana Anda mengemas diri untuk tampil saat wawancara.