Kolom Pencari Kerja

Cara Profesional Menolak Penawaran Kerja yang Tidak Sesuai

Mungkin Anda pernah ada di momen menolak pekerjaan yang baik demi pekerjaan yang lebih baik. Anda melamar, Anda diwawancara, Anda mendapatkan pekerjaan itu -dan sekarang Anda ingin menolaknya.

Bagaimana Anda melakukannya? Apakah Anda harus memberi alasan? Bagaimana jika Anda mungkin ingin bekerja dengan perusahaan tersebut di masa depan? Bagaimana Anda dapat menjalin komunikasi dengan baik? Berikut semua yang perlu Anda ketahui tentang cara menolak tawaran pekerjaan dengan profesional!

1. Tidak ada yang salah dengan Anda hanya karena Anda menolak tawaran pekerjaan tersebut

Sama seperti biasanya dan rutin bagi perusahaan untuk menolak kandidat, sangatlah normal dan tidak masalah bagi Anda untuk menolak penawaran kerja dari perusahaan. Diwawancarai suatu pekerjaan tidak menandakan bahwa Anda pasti akan menerimanya.

Selama Anda tidak mengatakan hal-hal dalam proses perekrutan seperti, “Saya pasti akan menerima pekerjaan ini jika Anda menawarkannya kepada saya”, Anda tidak perlu merasa tidak enak dengan perusahaan tersebut.

Ada beberapa perusahaan yang bereaksi buruk terhadap tawaran yang ditolak, tetapi ada juga perusahaan yang bereaksi lebih buruk ketika Anda meminta kenaikan gaji atau mencoba menggunakan waktu liburan Anda. Itu adalah tanda disfungsi serius di pihak mereka, bukan tanda bahwa Anda telah melakukan kesalahan.

2. Beri tahu perusahaan dengan segera setelah yakin dengan keputusan Anda

Setelah Anda memutuskan bahwa Anda tidak akan menerima tawaran tersebut, telepon atau kirim email ke perusahaan dan beri tahu mereka segera. Jangan menunda, karena hal itu dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang nyata di pihak mereka. Selain itu, mereka mungkin memiliki kandidat lain yang ditangguhkan yang akan dengan senang hati menerima tawaran tersebut setelah Anda menolaknya.

3. Tidak masalah menolak pekerjaan melalui email, tetapi menelepon akan lebih baik

Orang-orang menolak pekerjaan melalui email, jadi jika Anda ingin melakukan hal yang sama, ya tidak masalah juga. Tetapi, tindakan yang lebih ramah adalah menelepon dan berbicara dengan orang yang akan menjadi manajer Anda.

4. Anda harus memberikan alasan yang jelas

Ini mungkin tampak tidak adil karena perusahaan sah saja menolak kandidat tanpa menawarkan alasan, tetapi Anda akan merasa lebih baik dan menjaga hubungan untuk masa depan jika Anda memberikan sejumlah penjelasan untuk keputusan Anda. Cukup mengatakan sesuatu seperti, “Terima kasih banyak telah mempertimbangkan saya, tetapi setelah banyak berpikir, saya memutuskan untuk menolak dan fokus pada beberapa peran lain yang menurut saya lebih sesuai dengan pekerjaan yang saya harapkan untuk dilakukan.”

Ada kemungkinan alasan Anda membuat perusahaan semakin ingin tahu dan mencari tahu alasan Anda. Dalam beberapa kasus, mereka tiba-tiba bisa saja menaikkan tawaran gaji, atau mengatakan bahwa mereka bersedia membiarkan Anda bekerja dari jarak jauh jika lokasinya adalah masalahnya.

Namun jika mereka menawarkan sesuatu yang ternyata tidak memberikan perubahan yang signifikan, Anda boleh mengatakan, “Terima kasih banyak atas tawaran Anda. Saya rasa itu tidak persis seperti yang saya cari sekarang, tapi saya sangat menghargai Anda mencoba membuatnya berhasil.”

5. Berterimakasihlah atas waktunya.

Saat Anda menolak tawaran tersebut, katakan sesuatu seperti, “Saya sangat menghargai waktu yang Anda habiskan untuk membicarakan posisi tersebut dengan saya, dan saya berharap jalan kita akan bertemu di masa mendatang.”

Jika Anda benar-benar menyukai perusahaan atau manajer dan berpikir Anda mungkin tertarik untuk bekerja dengan mereka di masa depan, katakan sesuatu seperti, “Saya sangat terkesan dengan pekerjaan yang Anda lakukan dan ingin menemukan cara untuk menjadi bagian darinya, meskipun kesempatannya tidak ada untuk sekarang.”