Wawancara Kerja

Cara Menjawab Pertanyaan tentang Posisi Remote Job

Saat Anda diwawancarai untuk pekerjaan remote, selain ditanyai tentang kemampuan Anda untuk melakukan pekerjaan itu, Anda juga akan ditanyai tentang situasi rumah dan perlengkapan yang Anda miliki untuk menunjang pekerjaan remote tersebut.

Pewawancara juga akan berusaha mencari tahu seberapa fleksibel, termotivasi, dan apakah Anda mampu bekerja tanpa pengawasan. Berikut adalah beberapa pertanyaan wawancara yang biasa diutarakan pewawancara untuk posisi remote job seperti:

1. Apa keuntungan dari posisi remote job?

Pastinya Anda perlu menjawab pertanyaan ini dengan cara yang menunjukkan bahwa Anda produktif dan mandiri. Anda bisa menunjukkan dengan memberikan jawaban seperti:

“Saya suka fleksibilitas karenan saya bisa menyelesaikan banyak hal dalam satu waktu. Saya dapat berkomunikasi dengan kolega saya dengan cepat, melalui email dan teks jika saya memiliki pertanyaan, dan kemudian langsung kembali bekerja tanpa gangguan.”

2. Apa yang paling Anda sukai dari bekerja secara remote?

Dari pertanyaan ini Anda perlu memberikan jawaban yang kuat untuk menyampaikan pesan  walaupun remote Anda tetap bisa fokus pada keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan.

“Fleksibilitas memungkinkan saya mengantarkan anak-anak saya ke sekolah di pagi hari dan berada di sana untuk mereka ketika mereka pulang. Ini memungkinkan saya untuk menjadi jauh lebih produktif karena saya tidak khawatir apakah mereka lupa makan siang atau tidak atau tiba di rumah dengan selamat.”

3. Apa yang membuat Anda tertarik bekerja untuk perusahaan ini?

Pewawancara ingin tahu bahwa Anda tidak hanya mencari pekerjaan apa pun, Anda menginginkan yang ini. Meneliti perusahaan akan membekali Anda dengan latar belakang untuk menunjukkan antusiasme Anda.

4. Menurut Anda mengapa kami harus mempekerjakan Anda?

Gunakan ini sebagai kesempatan Anda untuk menyampaikan promosi diri kenapa Anda terbaik di antara yang lain. Anda bsia memulainya dengan menyesuaikan keterampilan Anda dengan apa yang diminta perusahaan pada postingan lowongan pekerjaan.

Selama wawancara manajer perekrutan akan mengajukan pertanyaan yang membantu menentukan seberapa baik dan cocok Anda di posisi tersebut. Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan remote job adalah dengan meninjau deskripsi pekerjaan dan membuat daftar keterampilan dan pengalaman yang dicari.

Cocokkan itu dengan daftar keterampilan dan pengalaman Anda, dan pikirkan contoh spesifik yang dapat Anda berikan.

Selain mencocokkan antara Anda dan pekerjaan, bersiaplah untuk mendiskusikan mengapa Anda tertarik ataupun ingin bekerja secara remote dan bagaimana Anda memperlengkapi diri dengan kebutuhan tersebut.

Periksa situs web perusahaan, situs media sosial, dan artikel berita apa pun yang menyebutkan indikasi mengenai ketentuan remote job sehingga Anda terbiasa dengan produk, layanan, serta sistem yang digunakan perusahaan.