Dunia Kerja

Cara Cerdas Menggunakan Fasilitas Kantor

officeSetiap kantor sudah selayaknya memberikan fasilitas yang mumpuni kepada para karyawannya. Sudah menjadi hak karyawan juga untuk menggunakan fasilitas tersebut demi menunjang maksimalitas tuntasnya pekerjaan kantor.

Begitupun ceritanya Anda harus tahu aturan penggunaanya jangan sampai kebablasan dan jangan juga setengah-setengah yang membuat Anda rugi sendiri. Berikut beberapa hal yang sering Anda luputkan berkaitan dengan penggunaan fasilitas kantor.

  1. Tahu Aturan Jelas

Anda harus tahu aturan jelas mengenai tata tertib penggunaan fasilitas kantor jangan sampai Anda salah memahami. Jika kurang jelas mengenai sebuah aturan, sebaiknya tanyakan pada departemen yang mengatur mengenai hal tersebut.

Bisa HRD atau pada atasan langsung. Anda bisa menanyakan kepada kepada teman-teman kantor tetapi tidak bisa Anda jadikan sebagai penjelasan mutlak Anda harus menanyakannya kepada yang bersangkutan langsung.

  1. Sesuai Hak

Sudah sewajarnya Anda menggunakan fasilitas kantor sesuai dengan apa yang menjadi hak. Anda tidak perlu memedulikan tanggapan rekan-rekan yang terkadang sinis. Yang namanya orang pasti ada-ada saja yang berpikiran sempit dan picik.

Merasa peraturan yang baik-baik saja hanya untuknya saja sedangkan jika rekan lain mendapat perlakuan yang sama ada kecemburuan. Abaikan saja hal-hal seperti itu dan sindiran-sindiran demikian. Jika memang sudah menjadi hal Anda terima saja.

  1. Tanggap Dengan Perubahan

Anda juga harus selalu up date dengan perubahan mengenai aturan-aturan mengenai fasilitas. Bisa-bisa saja ada penambahan, pergantian ataupun pengurangan. Karenanya jangan terlalu terkesan tidak pedulian. Jangan sampai Anda dirugikan ataupun melakukan kesalahan karena ketidaktahuan Anda akan perubahan-perubahan tersebut.

  1. Bijak Dalam Penggunaan

Meskipun Anda diberikan hak menggunakan fasilitas kantor Anda harus bijak juga menggunakannya. Jangan karena diberikan keleluasaan Anda memanfaatkannya dengan semena-mena. Toh dengan menggunakan sebijak mungkin Anda bisa menempa menjadi pribadi yang efisien dan meminimalisir pengeluaran kantor.

Jangan berpikiran sempit itu menjadi keuntungan perusahaan. Jika perusahaan dapat menghemat anggaran pengeluaran toh sebagai karyawan Anda dapat merasakan dampak positifnya dimana stabilitas ekonomi perusahaan lebih terjaga.