Kolom Pencari Kerja

Calon Karyawan Harus Tahu

dunia-kerjaDunia kerja bukanlah tempat dimana Anda mengakhiri segala-galanya. Para fresh graduate seringkali merasa kalau sudah mendapatkan pekerjaan maka hidup Anda akan sempurna, karier sudah tercapai. Padahal, sejatinya yang sesungguhnya terjadi adalah, ketika berhasil bekerja Anda baru melewati satu tangga.

Masih banyak tangga yang harus Anda lewati dan lalui dalam dunia karier Anda. Karenanya perlu persiapan matang serta kedewasaan emosional untuk mengetahui hal-hal lain yang akan menjadi tantangan Anda kelak setelah tercebur di dunia kerja.

  1. Awalan

Calon karyawan ataupun karyawan baru harus tahu kalau ini hanyalah awalan yang semestinya dilewati di dunia pekerjaan. Jadi jangan langsung senang-senang dulu dan merasa kalau hidup Anda sudah selesai dan pencarian Anda sudah berhasil didapatkan. Masih banyak hal yang semestinya Anda lewati dan lalui, nantinya. Inilah yang harus Anda persiapkan.

  1. Lingkungan Pekerjaan

Salah satunya adalah lingkungan pekerjaan beserta dinamikanya yang sesungguhnya sangat berbeda dengan lingkungan kampus Anda dulu. Akan banyak jenis serta ragam orang yang aka Anda temui disini.

Tidak hanya sebatas klien tetapi juga rekan kerja dan atasan dengan banyak rupa dan sifat yang berbeda-beda. Sesungguhnya di dunia kerjalah Anda tahu pasti ada banyak orang yang rela menjatuhkan orang lain demi kenyamanan dan keamanannya.

  1. Intrik

Akan ada banyak intrik yang bakal Anda temui di dunia kerja, ini yang harus Anda ketahui. Jadi pekerjaan bukan soal uang saja, passion, fase setelah kuliah ataupun desakan kebutuhan ekonomi saja. Di dunia kerja Anda akan menemukan intrik yang harus Anda jalani, hadapi bukan dihindari untuk mencapai kematangan dan kedewasaan hidup.

  1. Tidak Selalu Enak

Kerja tidak selalu enak dan bahagia, ada masanya Anda akan bertemu dengan kebosanan, stuck di satu sisi, ingin mencoba bidang lain serta hal-hal lainnya yang wajib Anda temui saat terjun di dunia karier. Karenanya, Anda harus bijak memilih, jalan mana yang Anda tempuh untuk masa depan yang lebih baik. Tidak selamanya yang nyaman untuk Anda adalah yang terbaik. Tak jarang Anda harus melewati risiko untuk mendapatkan tingkatan yang lebih baik.