Kolom Pencari Kerja

Bagaimana Menunjukkan Kepribadian Positif di Surat Lamaran

Tahukah Anda kalau tim perekrutan membaca tidak hanya ratusan melain bisa jadi ribuan surat lamaran? Jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan itu, Anda harus menonjol. Penting untuk menunjukkan kepada manajer perekrutan tidak hanya bahwa Anda berkualifikasi, tetapi juga bahwa Anda adalah kandidat terbaik untuk posisi tersebut.

Salah satu cara agar lamaran Anda diperhatikan adalah dengan menulis surat lamaran yang unik, menarik yang tidak hanya menunjukkan kualifikasi Anda tetapi juga kepribadian Anda. Jika Anda bisa menonjolkan kepribadian Anda dalam surat Anda, manajer perekrutan kemungkinan besar akan melihat lamaran Anda untuk kedua kalinya.

Temukan keseimbangan yang tepat antara menunjukkan kepribadian Anda dan bersikap profesional dalam surat lamaran Anda, dan Anda akan segera menuju wawancara kerja. Simak tipsnya di sini!

1. Tulis surat yang unik

Cara terbaik untuk menunjukkan siapa Anda bagi perusahaan adalah dengan menghindari menulis satu surat lamaran umum untuk setiap pekerjaan yang Anda lamar. Sebaliknya, sesuaikan surat Anda dengan pekerjaan dan perusahaan tertentu.

Anda dapat menulis surat lamaran yang ditargetkan dengan beberapa cara seperti sertakan kata kunci dari jobdesc di surat Anda. Anda juga dapat mereferensikan perusahaan itu sendiri misalnya menyebutkan kesuksesan tertentu yang telah diperoleh perusahaan tersebut, atau menjelaskan mengapa Anda tertarik bekerja untuk perusahaan tersebut.

2. Hindari klise

Salah satu cara terbaik untuk menghindari terdengar seperti orang lain di surat lamaran Anda adalah dengan meninggalkan beberapa frasa yang paling sering digunakan dalam surat lamaran. Misalnya, jangan mengatakan Anda adalah “pekerja keras” atau bahwa Anda “melampaui batas”. Cobalah menemukan cara unik untuk menjelaskan siapa Anda. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan berfokus pada contoh tertentu. Tunjukkan pada mereka siapa Anda, alih-alih memberi tahu mereka.

3. Coba Kalimat Pertama yang Kreatif

Begitu banyak surat pengantar yang dimulai dengan kalimat, “Saya melamar posisi X”. Meskipun ini adalah cara yang bagus untuk memulai, manajer perekrutan kemungkinan telah melihat kalimat ini ratusan kali.

Cobalah mulai dengan kalimat pertama yang lebih menarik yang menunjukkan siapa Anda. Anda mungkin bisa memulainya dengan ungkapan mengapa Anda bersemangat tentang pekerjaan atau perusahaan tersebut.

4. Buat koneksi

Jika Anda mengenal seseorang di perusahaan, atau jika seseorang di perusahaan merujuk Anda ke pekerjaan tersebut, sebutkan hal ini di awal surat lamaran Anda (idealnya dalam beberapa kalimat pertama). Ini bisa menunjukkan bahwa seseorang di perusahaan sudah menganggap Anda memenuhi syarat untuk pekerjaan itu.

5. Tunjukkan kalau Anda sesuai dengan budaya perusahaan

Manajer perekrutan tidak hanya ingin tahu kalau Anda memenuhi syarat, tetapi juga bahwa Anda akan menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan. Sebelum menulis surat Anda, teliti organisasi tersebut. Kunjungi situs web perusahaan, dan bicarakan dengan siapa pun yang Anda kenal yang bekerja di sana. Kemudian Anda dapat menyebutkan cara-cara yang mungkin sesuai dengan budayanya.

Misalnya, jika Anda tahu mereka melakukan banyak olahraga tim setelah jam kerja, Anda dapat menyebutkan secara singkat di akhir surat bahwa Anda ingin memanfaatkan keterampilan kick Anda dengan baik.

Selamat mencoba!