Kolom Pencari Kerja

Bagaimana Cara Mendapatkan Pekerjaan dengan Kemampuan Rata-rata?

Para pencari kerja biasanya sering mengeluhkan tentang CV yang tidak digubris oleh perusahaan-perusahaan yang dilamar dan bagaimana mereka tidak bisa mengisi kolom keahlian dengan maksimal. Anda pernah mengalaminya? Para penasihat karier menegaskan orang dengan kemampuan rata-rata pun bila mereka bisa pintar menampilan personal branding-nya tetap saja ada kesempatan buat mereka untuk mendapatkan pekerjaan. Bagaimana caranya?

1. Maksimalkan Apa yang Anda Tahu

Anda memiliki teman dan kolega, tanyakan dan jelaskan pada mereka apa yang Anda butuhkan. Akan lebih mudah buat Anda yang “rata-rata” untuk mencari pekerjaan lewat jalur pertemanan. Mereka pasti lebih terbuka memberikan saran dan masukan kemudian disesuaikan dengan kemampuan Anda. Awalnya mungkin Anda merasa sungkan tapi ingat saja kemungkinan dan kesempatan yang mungkin Anda dapatkan dengan bertanya.

2. Yakinlah Pada Diri Sendiri

Kemampuan rata-rata bukan berarti Anda tidak memiliki apa-apa. Yakinlah kalau Anda memiliki nilai dan kemampuan lebih. Sangat penting buat Anda untuk menjadi percaya diri. Coba Anda gali lagi apa yang menjadi passion Anda. Kalau perlu tuliskan supaya tidak ada yang terlewati. Kemudian pikirkan cara menarik untuk membungkus passion Anda ini. Lakukan gunakan kekuatan media sosial untuk memperkuat dan membikinnya menarik.

3. Usaha yang Menjadi Pembeda

Boleh jadi Anda memiliki banyak saingan dalam mengisi satu posisi dengan aneka pengalaman yang lainnya miliki. Tapi satu yang menjadi pembeda adalah seberapa keras usaha yang Anda berikan. Jelaskan dengan cara atraktif alasan kenapa Anda sangat tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut. Sampaikan secara menarik bukan berlebihan.

4. Aktif di Kegiatan Sosial

Kalau Anda merasa lemah dari segi kemampuan di pekerjaan Anda harus punya kelebihan dari sisi komunikasi dengan orang lain secara persuasif. Terkadang dibutuhkan kemampuan-kemampuan komunikatif untuk menyelesaikan masalah bukan hanya kemampuan kognitif saja. Untuk itu, Anda tidak perlulah berkecil hati jika merasa tidak bisa memaksimalkan kolom isian keahlian. Tingkatkan kemampuan sosial Anda untuk mengisi kelemahan kognitif Anda.