Dunia Kerja

Apakah Harus Bekerja Sesuai Dengan Passion?

Passion seringkali dikait-kaitkan dengan pekerjaan. Banyak orang-orang hebat yang mengatakan kalau mau sukses harus bekerja sesuai dengan passion. Lantas apakah pernyataan ini benar adanya atau hanya “bumbu” penyemangat dalam hidup saja?

Sebenarnya ini tergantung bagaimana Anda menyikapinya. Tidak semua orang bisa punya kesempatan untuk bekerja sesuai dengan passion-nya. Situasi dan kondisi seringkali membuat orang menerima apa saja, apapun yang ditawarkan diterima. Tentunya kita tidak bisa mengatakan kalau semua orang memiliki latar belakang yang sama.

Beruntung benar kalau Anda bisa bekerja sesuai dengan passion tapi kalau tidak? Sebenarnya setiap orang memiliki kesempatan untuk menemukan passionnya. Bahkan di tempat yang tidak terbayangkan sama sekali. Ketika di awal karier Anda tidak menemukan passion Anda tetapi “terjebak” untuk harus bekerja di perusahaan tersebut dan menyenanginya berarti Anda sudah menemukan passion Anda.

“Awalnya saya tidak suka bekerja di perusahaan ini. Dan ini bukan passion saya tapi lama kelamaan saya menyenanginya.” Ada yang berkomentar demikian. Itu artinya ketika awalnya dia bergabung di perusahaan tersebut dia tidak punya pilihan lain namun seiring berjalannya waktu dia menikmati pekerjaannya—dia menemukan passion-nya.

Kemudian ada juga orang yang sudah menjalani bertahun-tahun bekerja di sebuah perusahaan namun dia merasa itu bukanlah hal yang dia senangi dan dia tidak menikmati pekerjaannya. Ini bukan passion-nya. Bila Anda berada pada posisi yang demikian, coba tanyakan pada diri Anda apa yang sebenarnya Anda inginkan untuk Anda tekuni.

Bila Anda tahu apa yang Anda inginkan lantas apakah Anda berani mengambil keputusan untuk keluar dari zona nyaman Anda dan mengejar passion Anda? Atau adakah kesempatan untuk menjalani keduanya. Sebenarnya ada masa dimana Anda tidak perlu meninggalkan apa yang sudah Anda jalani sekarang demi mengejar passion yang tertinggal tersebut.

Jika Anda punya kesempatan dan kemampuan untuk menjalani keduanya, ya lakukan saja. Paling penting adalah Anda bisa membagi waktu dan menempatkan masa-masa dimana Anda mengutamakan yang mana dibandingkan lainnya.