Kolom Pencari Kerja

Apa itu Cloud Engineer?

Cloud engineer adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan sejumlah peran komputasi cloud yang berfokus pada teknik, arsitektur, pengembangan, dan administrasi. Cloud engineer memiliki peran teknik cloud dalam hal menilai infrastruktur teknologi perusahaan dan mengeksplorasi opsi untuk pindah ke cloud.

Jika perusahaan memilih untuk pindah ke cloud, cloud engineer bertanggung jawab untuk mengawasi proses, yang disebut sebagai migrasi, dan memelihara sistem baru. Seiring dengan keterampilan teknis ini, rekayasa cloud membutuhkan keterampilan manajerial. Cloud engineer sering kali dipanggil untuk bernegosiasi dengan vendor, berkoordinasi dengan anggota tim IT lainnya, dan berkomunikasi dengan pimpinan senior tentang kemajuan proyek migrasi cloud.

Dalam lingkungan cloud, ada banyak komputasi, jaringan, dan layanan keamanan yang semuanya perlu dikonfigurasi dengan benar. Konfigurasi memiliki dua peran utama untuk memastikan bahwa pengguna yang tepat memiliki akses ke layanan yang tepat (bergantung pada peran mereka dalam perusahaan) dan bahwa perusahaan tidak mengeluarkan biaya yang tidak terduga atau tidak perlu.

Kontrak untuk menggunakan layanan cloud bisa sama konkretnya dengan biaya untuk menyewa perangkat keras untuk menyimpan data, atau sama abstraknya dengan biaya untuk menjalankan fungsi dalam sebaris kode. Variabilitas ini berarti membuat cloud engineer perlu memperhatikan baik cetakan kontrak cloud dan membandingkannya tujuan perusahaan menggunakan layanan berbasis cloud.

Selain rekayasa cloud, cloud engineer bertanggung jawab untuk membuat fungsi, aplikasi, atau database yang berjalan di cloud. Singkatnya cloud engineer bertanggung jawab untuk menilai infrastruktur bisnis yang ada, dan meneliti solusi untuk memindahkan berbagai fungsi (seperti penyimpanan database) ke sistem berbasis cloud.

Cloud engineer dapat mengambil sejumlah jalur karier yang berbeda. Berikut adalah 15 peran paling diminati di bidang yang mencantumkan keterampilan terkait cloud dalam deskripsinya:

1. Software engineer

2. Senior software engineer

3. Software architect

4. Development operations engineer

5. Full stack developer

6. Cloud engineer

7. Data engineer

8. Java developer

9. System engineer

10. Data scientist

11. Systems administrator

12. Senior Java developer

13. NET developer

14. Front-end developer

15. Back-end developer