Dunia Kerja

Apa Beda Profesi Bidan dan Perawat?

Bidan dan perawat adalah dua profesi yang kerap disamakan tugas dan tanggung jawabnya, padahal dua hal ini jelas berbeda. Seorang perawat dapat bekerja di banyak bidang medis yang berbeda, sementara bidan hanya bekerja dalam persalinan dan persalinan. Perawat diharuskan menerima pendidikan formal dan sertifikasi, sedangkan bidan tidak. Perawat-bidan memiliki pendidikan formal sebagai perawat dan pengalaman langsung sebagai bidan. Berikut penjelasan lebih lanjutnya!

Bidan Vs Perawat

Seorang bidan dilatih untuk membantu ibu hamil melahirkan bayinya. Bidan bersertifikat biasanya menerima izin praktik kebidanan. Bidan awam melakukan tugas tetapi tidak memiliki izin resmi sedangkan bidan profesional punya sertifikat.

Bidan membantu persalinan dan mengevaluasi kesehatan ibu dan bayi setelah melahirkan. Jika salah satu pasien membutuhkan perhatian medis lebih lanjut, mereka harus merujuk ke rumah sakit, karena bidan tidak memiliki pelatihan medis profesional untuk menangani kasus tersebut.

Sebaliknya, seorang perawat dapat bekerja dalam berbagai spesialisasi medis tidak hanya persalinan. Perawat persalinan dapat bekerja di bidang medis yang sama dengan bidan, namun, perawat hanya dapat membantu dokter kandungan. Perawat tidak berwenang melakukan seluruh persalinan, kecuali dalam situasi darurat.

Perawat harus mengikuti sekolah perawat dan menerima gelar dalam bidang keperawatan. Perawat juga harus lulus ujian lisensi untuk menjadi perawat terdaftar, termasuk lulus ujian dan harus mencatat jam kerja yang memadai untuk menerima sertifikasi yang lebih mumpuni. Hal yang berbeda terjadi pada bidan, dimana bidan awam tidak menerima pelatihan formal sama sekali.

Perawat-Bidan

Beberapa perawat memilih menjadi perawat-bidan. Perawat-bidan adalah mendapat pelatihan khusus dalam persalinan. Tidak seperti perawat biasa, perawat-bidan berwenang melakukan persalinan secara keseluruhan. Berbeda dengan bidan biasa, bidan perawat memiliki pelatihan medis formal dan bersertifikasi. Perawat-bidan dapat memberikan banyak perawatan prenatal dan postnatal untuk ibu hamil.

Umumnya, pilihan antara bidan dan dokter adalah pilihan pribadi. Memilih bidan biasanya berarti ibu hamil akan melahirkan di rumah atau di tempat nonmedis lainnya. Banyak bidan perawat juga melakukan persalinan di rumah tetapi memiliki akses ke rumah sakit juga. Dokter kandungan hanya melakukan persalinan di rumah sakit.

Beberapa ibu hamil berpendapat bahwa lingkungan rumah adalah tempat yang lebih nyaman dan alami untuk melahirkan. Sedangkan yang lain berpendapat bahwa akses ke teknologi medis di tempat rumah sakit dan profesional medis tidak boleh dikorbankan demi kenyamanan.