Dunia Kerja

Apa Beda Pekerjaan dan Karier?

Memang ada bedanya? Ada! Pekerjaan adalah sesuatu yang Anda lakukan untuk menghasilkan uang. Sedangkan karier tidak melulu soal uang melainkan pekerjaan yang Anda senangi untuk ditekuni dalam jangka panjang. Karier bila  Anda tekuni dengan serius akan membuat Anda bahagia dan senang melakukannya terus menerus.

Pekerjaan memang dapat mengisi dompet Anda tapi karier dapat memberikan pengalaman yang kaya yang tidak hanya mampu mengisi dompet Anda tetapi juga menambah skill Anda lebih dan lebih lagi yang bisa Anda gunakan di masa depan. Pekerjaan sejatinya menawarkan beberapa networking untuk Anda meluaskan kemampuan Anda dalam bekerja namun karier lebih memaksimalkan networking Anda karena Anda memang menekuni hal tersebut.

Tujuan pekerjaan adalah menyelesaikan tugas-tugas dengan baik dan mematuhi atasan. Semua yang Anda lakukan dalam pekerjaa supaya Anda mendapatkan gaji dan referensi yang baik dari atasan. Kerjakan secepat dan sebaik mungkin kemudian setelah jam kerja selesai pulang. Ini berarti  Anda tidak memberikan emosi dan energi Anda untuk apa yang Anda lakukan. Hanya melakukan rutinitas belaka.

Lantas, apa yang Anda lakukan untuk karier? Bila Anda menjalani karier, tujuan Anda tidak hanya pekerjaan yang selesai tetapi juga belajar bagaimana mengasah kemampuan dan menggali pengalaman lebih dan lebih lagi. Membangun koneksi dan menempatkan diri Anda pada posisi dimana Anda mendapatkan promosi dan membangun kesempatan yang memungkinkan Anda untuk masuk ke inti perusahaan dan memberikan sumbangsih lebih lagi dalam menjalani perusahaan.

Anda akan berusaha keras untuk meningkatkan level Anda. Ini bukan soal ambisi tetapi juga kemauan untuk maju dalam hal yang Anda kerjakan dan lakukan. Mengetahui posisi Anda sekarang membuat Anda mengerti apa yang harus Anda kerjakan ke depannya. Tanyakan kepada diri Anda apakah memang ini yang ingin Anda lakukan, atau sebenarnya Anda sedang berada di posisi yang salah.

Sejatinya ini bukan tempat Anda. Anda tidak ingin bekerja yang Anda butuhkankan adalah gairah bukan sekadar rutinitas dan ketakutan tidak mendapatkan penghasilan. Maka berhentilah, raihlah apa yang menurut Anda layak untuk didapatkan. Pekerjaan atau karier? Semua tergantung dengan diri Anda sendiri.