Kolom Pencari Kerja

7 Hal yang Bisa Anda Lakukan Sembari Menunggu Panggilan Pekerjaan

Percayalah kita hidup di dunia yang penuh dengan peluang untuk tetap produktif (dan bahkan menghasilkan uang). Jika saat ini Anda sedang dalam penantian menunggu panggilan pekerjaan, itu bukan alasan Anda menjadi pasif dan menunggu tanpa melakukan apa-apa. Yuk, simak di sini kegiatan positif apa saja yang bisa Anda lakukan saat sedang menganggur!

1. Belajar Bahasa Baru

Ada beberapa aplikasi gratis yang bisa Anda gunakan untuk mempelajari bahasa baru, salah satunya adalah Duolingo. Mempelajari bahasa baru dapat menghasilkan lebih banyak peluang kerja, atau bahkan mungkin petualangan perjalanan.

2. Lakukan Pekerjaan Freelance

Internet telah membuka banyak kesempatan untuk mengajar, mengedit, menulis, dan melakukan pekerjaan outsourcing. Cobalah iklankan diri i media sosial dan lihat apakah seseorang membutuhkan bantuan ekstra atau pandangan pada suatu proyek.

3. Mulai Blog / Vlog / Podcast

Semua bergantung kepada Anda, apakah Anda bisa menggunakan waktu yang kosong ini secara kreatif atau tidak. Anda pasti bukan satu-satunya orang yang melalui fase ini, jadi manfaatkan waktu ini untuk berbagi konten ke seluruh dunia.

Jika Anda seorang penulis yang kuat, ahli dalam mengedit video, gunakan keahlian ini menciptakan sesuatu. Siapa tahu? Mungkin itu akan mengarah pada peluang masa depan untuk menghasilkan uang ekstra.

4. Olahraga

Mulailah membuat rutinitas untuk diri sendiri dan kebiasaan itu akan mengikuti Anda bahkan saat Anda bekerja nantinya. Bagian terpenting dari rasa percaya diri adalah memiliki hubungan yang baik dan sehat dengan tubuh Anda. Dan perasaan itu dapat dipupuk dengan olahraga secara rutin.

5. Relawan / Magang

Menjadi sukarelawan atau magang terdengar seperti buang-buang tenaga. Tetapi pertimbangkan bahwa itu dapat membuat mendapatkan pengalaman yang Anda butuhkan untuk melengkapi resume Anda.

Menjadi sukarelawan atau magang dapat menjadi kesempatan untuk bertemu orang-orang yang berpikiran sama dan berjejaring dengan orang-orang di bidang pekerjaan yang Anda senangi.

6. Ambil Kelas Online

Gunakan waktu luang Anda untuk mempelajari keterampilan baru. Ini akan menambah nilai dalam hidup Anda dan bahkan mungkin menjadi sesuatu yang dapat Anda gunakan untuk memperkuat resume.

7. Tetap Optimis dan Aktif dalam Pencarian Kerja

Yang terpenting adalah tetap positif dan terus mencari pekerjaan. Anda tidak harus melamar setiap pekerjaan yang Anda lihat. Ketekunan dan kerja keras sangat membantu. Anggap saja momen belum bekerja sebagai waktu untuk mempersiapkan diri untuk perjalanan Anda berikutnya.

Setelah Anda masuk ke dunia kerja, Anda pasti berharap memiliki waktu ekstra. Jika Anda merasa sedih, ingatlah bahwa setiap orang memiliki waktunya sendiri. Tetap semangat!