Kolom Pencari Kerja

6 Skill yang Dicari Semua Perusahaan di Era Milenial Sekarang

Apapun bidang pekerjaan Anda sekarang, Anda membutuhkan 6 skill di bawah ini.

1. Networking

Apakah Anda fresh graduate ataupun pemain lama, pasti membutuhkan networking yang luas sebagai bekal untuk mengaplikasikan pekerjaan Anda. Dan ini menjadi salah satu skill yang Anda butuhkan untuk menghadapi persaingan di dunia kerja saat ini.

2. Pengetahuan Teknologi Informatika

Penting buat Anda untuk mengikuti trend teknologi yang ada sekarang. Secara zamannya teknologi, hampir semua perusahaan memiliki sistem mobile untuk menjalankan perusahaannya. Tidak butuh jago-jago sekali, cukup tahu saja perkembangan dan pengaplikasian sederhananya.

3. Penggunaan Sosial Media

Perusahaan mana saat ini yang tidak memiliki sosial media? Hampir semua perusahaan punya sosial media sebagai salah satu bentuk memperkenalkan brand-nya keluar ataupun berkomunikasi dengan koleganya. Karenanya penguasaan sosial media di era sekarang bukan lagi pilihan tetapi kewajiban. Soal apakah Anda akan menggunakannya untuk pribadi atau tidak itu personal Anda saja.

4. Penampilan Fisik yang “Menarik”

Kalaupun Anda tidak memiliki fisik bak model tapi sejatinya yang perlu Anda ketahui dan terima adalah semua orang menyenangi orang-orang dengan penampilan yang oke. Anda bisa mengakalinya kok dengan berpenampilan sesuai dengan standard yang diminta oleh perusahaan. Jika bekerja di dunia kreatif gunakanlah busana yang atraktif tapi tetap sopan. Pun, kalau Anda bekerja di lingkup perbankan, gunakan busana blazer formil.

5. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Entah Anda bekerja di belakang meja sekalipun Anda tetap membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik. Bagaimana Anda mau mengutarakan maksud Anda tanpa berbicara kepada kolega ataupun atasan? Ataupun bagaimana Anda mau supaya orang “melirik” hasil kerja Anda tanpa Anda berbicara dan menjelaskan job desk Anda dengan baik?

6. Kemampuan Basa-basi

Walaupun terdengar munafik tapi percayalah, ini bukan basa-basi dalam artian yang negatif melainkan kebutuhan dasar dari komunikasi manapun. Menyapa ataupun sekadar memuji bisa jadi jalan untuk proyek selanjutnya ataupun kenaikan jabatan.