Wawancara Kerja

5 Tips Melakukan Wawancara Online Saat Pandemi

Menurut data yang dipublikasikan oleh Forbes, disebutkan ada sekitar 22 juta orang Amerika yang menjadi pengangguran sejak 16 April 2020. Meskipun banyak bisnis telah tutup atau perusahaan menunda perekrutan, masih ada beberapa industri dan perusahaan yang sedang melakukan perekrutan. Dan salah satu cara perekrutan yang dilakukan adalah lewat wawancara online.

Wawancara virtual menghadirkan tantangan unik tersendiri mulai dari menggunakan teknologi baru, hingga mengelola emosi supaya tampak antusias melalui digital. Supaya sukses di wawancara online, berikut adalah lima tips yang bisa Anda aplikasikan!

1. Tetapkan Lingkungan Profesional

Walaupun Anda sedang melakukan wawancara secara online di rumah buatlah lingkungan tempat Anda beraktivitas layaknya profesional. Memilih ruangan yang tepat untuk wawancara tidak hanya membebaskan Anda dari gangguan, tapi juga membangun suasana profesional yang dapat ditangkap oleh si pewawancara.

Mungkin Anda bisa menempatkan background dinding putih dengan satu atau dua figura netral, atau latar belakang rak buku untuk kesan edukatif, serta latar-latar lain yang menunjukkan profesional dan kesiapan bekerja.

2. Optimalkan Pencahayaan

Pastikan pencahayaan di ruangan bagus, sehingga pewawancara dapat menangkap mimik wajah Anda secara jelas. Bila perlu, gunakan beberapa lampu untuk menerangi wajah Anda sepenuhnya dan menghindari bayangan yang tidak diinginkan.

Pilihlah beberapa lampu berbeda untuk menerangi sosok Anda dengan benar. Ada beberapa jenis lampu yang bisa dibeli seperti:

  • Lumecube : Menawarkan perangkat pencahayaan yang dapat Anda sambungkan langsung ke ponsel atau laptop untuk memberikan pencahayaan alami dan menerangi wajah.
  • Spektrum : Merupakan kit konferensi video dengan dua lampu untuk menerangi dari dua sudut.
  • Webcam Light Stand : Lampu yang dapat dipasang di permukaan apa pun, termasuk laptop atau meja yang dapat menyesuaikan berdasarkan pencahayaan alami yang sudah Anda punya.

3. Penempatan Laptop

Penempatan laptop juga menjadi faktor penting. Posisikan laptop Anda di permukaan yang ditinggikan, bukan di pangkuan. Jika Anda memiliki kertas atau catatan lain di sisi Anda, ini membantu wawancara tetap terfokus pada wajah Anda, bukan apa yang ada di sekitar Anda. Belum lagi, penempatan wajah yang terlalu dekat dapat membuat pewawancara tidak nyaman.

4. Periksa Koneksi Internet

Layar yang macet dan panggilan terputus dapat membuat alur wawancara tidak nyaman. Untuk itu, pastikan koneksi internet Anda stabil. Sebelum wawancara dimulai, putuskan sambungan perangkat lain dari internet Anda supaya koneksi internet fokus ke sambungan wawancara saja.

5. Antusias Di Masa Pandemi

Mempersiapkan jawaban, mencari tahu tentang perusahaan dan posisi yang dilamar adalah hal-hal standar yang harus dipersiapkan. Selain itu, tidak kalah penting lainnya adalah Anda harus menunjukkan antusiasme dan semangat positif meski di situasi pandemi seperti saat ini. Biarkan pewawancara menangkap semangat dan keinginan untuk maju dan berkarier meski di situasi sulit.

Selamat mencoba dan stay positive!