Kolom Pencari Kerja

5 Rahasia Sukses Mengikuti Psikotes

Banyak para pelamar yang sangat gugup setiap kali akan mengikuti tahap selanjutnya dalam proses melamar kerja yaitu psikotes. Sudah banyak informasi ataupun tip menjawab soal psikotes dengan benar dan tepat.

Psikotes diberikan sebagai test untuk mengetahui kondisi kejiwaan seorang calon karyawan. Bagaimana hubungan intra dan inter personalnya. Apakah dia bisa diajak bekerjasama atau tidak serta perusahaan ingin tahu potensi-potensi apa yang terpendam di dalam seseorang dan apakah menguntungkan atau tidak bagi perusahaan.

Kondisi kejiwaan seseorang tidak bisa dikelabui karena itu memang sudah ada di dalam dirinya. Jika Anda “mengarang” untuk mendapatkan kondisi kejiwaan yang diharapkan oleh perusahaan itu sama saja membohongi diri sendiri.

Padahal sebenarnya Anda bisa menganggap psikotes yang akan dilakukan sebagai uji pemahaman akan kondisi Anda dan menjadi masukan buat Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Berikut tip yang bisa Anda lakukan saat akan mengikuti psikotes!

  1. Jujur

Kerjakan setiap tugas ataupun soal dengan jujur. Karena itulah yang diharapkan perusahaan untuk Anda lakukan. Jangan terlalu berusaha keras untuk mendapatkan nilai yang terbaik, karena ini bukan soal ujian tetapi proses menilai siapa sesungguhnya Anda.

  1. Berpatokan Pada Google

Sudah menjadi rahasia umum kalau banyak orang menjadikan informasi yang dicari melalui mesin Google mengenai tip-tip mengikuti psikotes. Sebaiknya Anda tidak perlu mengganggu konsentrasi ataupun fokus Anda dengan informasi demikian.

  1. Fokus

Kerjakan setiap soal dengan sungguh-sungguh supaya hasilnya maksimal dan fokus. Anda tidak perlu pusing memikirkan apa yang dijawab oleh pelamar lainnya, karena pasti jawaban kalian berbeda. Toh, Anda dan pelamar-pelamar lainnya orang yang berbeda bukan?

  1. Tidur Cukup

Penting untuk istirahat yang cukup sebelum pelaksanaan test. Soalnya, seringkali yang terjadi banyak orang gagal karena terlalu sibuk mempersiapkan diri untuk membahas soal-soal psikotes sampai larut malam. Akibatnya kurang istirahat. Tetap penting untuk menjaga stamina.

  1. Banyak Baca

Dengan banyak membaca Anda dapat memperluas wawasan dan mengembangkan pola pikir Anda. Bacaan ini meliputi fiksi dan jenis bacaan yang materinya realita. Tentunya ini tidak dilakukan seminggu sebelum tes berlangsung. Anda harus memulainya sesegara mungkin. Bisa dimulai dari seusai Anda membaca artikel ini.