Wawancara Kerja

5 Persiapan untuk Wawancara Promosi

Mendapatkan promosi dapat memungkinkan Anda meningkatkan pendapatan dan memajukan karier. Tetapi untuk berhasil mencapai promosi, Anda harus menyelesaikan wawancara promosi Anda terlebih dahulu.

Jangan membuat kesalahan dengan menganggap wawancara promosi sama dengan wawancara kerja standar lain. Meskipun elemennya sama, wawancara promosi membutuhkan persiapan yang unik. Berikut persiapan yang perlu dilakukan saat wawancara promosi!

1. Bicaralah dengan supervisor Anda

Sebelum Anda mulai mencari promosi, Anda harus berbicara dengan atasan Anda. Percakapan ini akan membantu Anda melihat bagaimana supervisor Anda memandang kontribusi Anda, yang dapat memberikan bukti tambahan tentang kehebatan Anda selama wawancara. Dia bahkan mungkin memiliki beberapa tips orang dalam yang akan membantu menyelesaikan wawancara Anda.

2. Teliti pekerjaan / pewawancara

Sama seperti wawancara lainnya, Anda perlu meninjau tanggung jawab dari peran yang Anda lamar. Satu-satunya perbedaan adalah Anda adalah pelamar internal, jadi Anda memiliki akses yang lebih besar ke info yang lebih baru. Anda bahkan dapat berbicara dengan orang yang akan Anda gantikan untuk mempelajari lebih lanjut tentang posisi tersebut.

3. Tinjau pengetahuan perusahaan

Sebagai pelamar internal, Anda mungkin sudah memiliki pemahaman yang baik tentang budaya perusahaan dan tujuan perusahaan Anda. Namun, tidak ada salahnya untuk meninjau kembali pernyataan misi mereka dan membiasakan diri kembali dengan visi perusahaan.

Selain itu, ada baiknya mengetahui proyek apa yang sedang dikerjakan akan membantu membentuk respons Anda. Jika Anda sudah memiliki pengetahuan yang mendalam tentang bagaimana Anda akan menangani proyek yang akan datang, itu akan membantu Anda mengalihkan percakapan dari “Anda” menjadi “kami” dan mempermudah perekrutan manajer untuk memvisualisasikan Anda di posisi baru.

4. Tetap unggul dalam pekerjaan Anda

Anda memiliki satu keunggulan utama dibandingkan kandidat eksternal karena Anda sudah menguasai “medan”. Jika Anda pernah membuat kesalahan di masa lalu, luangkan waktu untuk mempertimbangkan bagaimana Anda tumbuh dan berkembang sebagai hasilnya. Dengan demikian, Anda dapat memamerkan akuntabilitas dan pengembangan profesional Anda sekaligus.

5. Ikuti protokol proses perekrutan

Percaya diri adalah hal yang baik, tetapi jangan berharap Anda mendapat pujian hanya karena Anda adalah pelamar internal. Apa pun aturan proses perekrutan, ikuti aturan tersebut, seperti yang dilakukan kandidat lainnya. Jangan mencoba menyelinap di sekitar sistem atau mengandalkan hubungan pribadi untuk mendapatkan promosi Anda.

Semoga sukses!