Dunia Kerja

5 Pekerjaan Freelance Paling Menjanjikan yang Wajib Dicoba

Kerja kantoran masih dianggap sebagai pekerjaan paling bergengsi. Bahkan banyak orang dianggap pengangguran karena tidak ‘terlihat’ kerja kantoran. Masih banyak orang yang menganggap bekerja adalah kegiatan yang dilakukan di luar rumah. Syarat untuk bekerja adalah harus keluar rumah. Padahal di era teknologi seperti sekarang ini, bekerja nggak harus ke kantor. Seperti pada beberapa pekerjaan freelance berikut ini. Kira-kira apa saja pekerjaan freelance tersebut?

Buat Anda yang penasaran, yuk simak penjelasannya di artikel ini!

Pekerjaan Freelance dengan Gaji Besar

Berikut pekerjaan freelance dengan gaji besar yang dapat Anda pilih, apa saja?

1. Penulis Lepas

Pekerjaan non-kantoran pertama yang bisa memberikan penghasilan atau gaji besar adalah penulis lepas. Penulis lepas atau freelance writer merupakan pekerjaan yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Anda hanya memerlukan laptop untuk menulis. Dulu, pekerjaan penulis selalu dihubungkan dengan koran, majalah, buku, atau media cetak. Namun dengan perkembangan teknologi, ada berbagai pilihan buat Anda yang ingin menjadi penulis lepas. Mulai dari penulis novel di platform, penulis konten untuk website, penulis konten SEO, hingga menjadi blogger.

2. Desainer Grafis

Selain penulis, desainer grafis juga menjadi pekerjaan non-kantoran yang akan memberkan gaji besar. Bahkan untuk desainer grafis tingkat internasional bisa mendapatkan penghasilan puluhan juta dalam satu bulan. Anda bisa menjual jasa desainer grafis ini di platform-platform yang telah tersedia saat ini. Anda juga bisa mencari pekerjaan desainer grafis lepas di loker.id.

3. Programmer

Punya kemampuan dalam bidang coding dan IT? Jangan sia-siakan kemampuan Anda tersebut. Ada berbagai jenis pekerjaan programmer yang dapat dipilih, mulai dari web developer hingga desainer website. Pekerjaan-pekerjaan ini juga tidak perlu dilakukan di kantor dan Anda bisa mengerjakan pekerjaan ini dimana saja. Tertarik dengan pekerjaan ini? Yuk cari info lowongan remote programmer sekarang juga!

4. Penerjemah

Buat Anda yang memiliki kemampuan bahasa asing, kesempatan menjadi penerjemah terbuka lebar untuk Anda. Sama seperti menjadi penulis, penerjemah juga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Anda juga bisa menjadi penerjemah buku, penerjemah film, hingga penerjemah dokumen.

5. Bisnis Online

Selain pekerjaan-pekerjaan di atas, ada satu lagi pekerjaan non-kantoran yang bisa memberikan Anda penghasilan yang besar. Pekerjaan tersebut adalah bisnis online. Bisnis online memudahkan Anda untuk mengerjakannya dimana saja dan kapan saja. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengatur bagaimana prosedur kerja Anda ketika memilih bisnis online ini.

Tips Sukses Kerja Freelance

Agar Anda meraih kesuksesan dengan pekerjaan lepas yang Anda jalani, yuk lakukan tips-tips berikut ini:

1. Lakukan Pekerjaan Sebaik Mungkin

Tips sukses kerja freelance atau kerja non-kantoran adalah dengan melakukan pekerjaan sebaik mungkin. Pastikan Anda tidak telat dari deadline yang disepakati. Hal ini dikarenakan telat atau tidaknya Anda dalam mengirimkan pekerjaan akan berpengaruh kepada pekerjaan Anda nantinya. Dengan mengerjakan on time, klien pasti puas dan kemungkinan repeat order semakin besar.

2. Lakukan Personal Branding yang Baik

Kedua, lakukan personal branding yang baik. Buatlah portofolio yang menggambarkan pekerjaan Anda. Juga, unggah hal-hal baik di media sosial Anda. Jangan sampai Anda tidak mendapatkan klien karena personal branding yang kurang baik.

3.  Terus Kembangkan Skill

Pekerjaan freelance merupakan pekerjaan dengan modal skill atau kemampuan. Jadi, pastikan Anda terus mengembangkan skill agar banyak klien yang menggunakan pekerjaan Anda. Anda bisa mengikuti kursus atau sering mencoba hal baru untuk mengembangkan skill ini.

4. Kelola Keuangan

Karena tidak mendapatkan gaji pasti setiap bulan, Anda juga harus pintar-pintar mengelola keuangan. Terlebih buat Anda yang memilih pekerjaan bisnis online. Jangan sampai Anda tidak mendapatkan keuntungan karena pengelolaan keuangan yang buruk. Anda bisa mendapatkan kemudahan pengelolaan keuangan dengan software akuntansi dari Kledo. Kledo merupakan software akuntansi yang dilengkapi fitur-fitur yang akan membuat pengelolaan keuangan jadi super mudah. Jadi, nggak perlu khawatir lagi Anda mengalami kerugian dengan software akuntansi Kledo.