Perencanaan Karir

5 Nasihat Penting Dalam Karier Sebelum Menginjak 30 Tahun

Bahkan seorang pekerja profesional yang kerap mengukir prestasi di sepanjang kariernya pernah merasakan kebimbangan dalam meniti profesinya. Pada akhirnya, kita hanyalah manusia biasa dan bukan mesin. Menjadi lelah, jenuh dan ragu apakah ini adalah langkah karier yang pas adalah hal yang lumrah.

Berikut adalah 5 nasihat yang bisa Anda terapkan dalam perjalanan meniti karier sebelum menginjak 30 tahun!

1. Kesuksesan Bergantung Pada Diri Sendiri

Sejatinya posisi yang Anda tempati sekarang adalah bentuk keberhasilan dan kepercayaan perusahaan kepada kemampuan Anda. Meski begitu Anda tetap boleh melihat peluang-peluang lain asalkan memang layak untuk dicoba. Jangan melepaskan apa yang sudah Anda perjuangkan dan lakukan selama ini di perusahaan yang lama.

2. Jangan Terlalu Cepat Berasumsi Untuk Setiap Masalah yang Terjadi

Pernah mendengar pepatah “Satu bab yang buruk bukan berarti isi keseluruhan novel itu jelek?”. Jika sebuah proyek tidak berjalan sebagaimana mestinya, cekcok dengan rekan kerja, atasan yang tidak bisa diajak berdiskusi bukan berarti Anda harus hengkang dari perusahaan. Anda tidak akan pernah tahu potensial apa yang bisa Anda temukan setelah semua permasalahan tersebut selesai.

3. Tidak Semua “Pertarungan” Harus Diikuti

Jalan menginjak usia 30 seharusnya Anda sudah bisa lebih matang dalam berpikir dan mengambil keputusan. Secara Anda bukan anak fresh graduate lagi dengan emosi yang meledak-ledak. Tidak semua perdebatan harus dimenangkan, Anda harus cerdas memilih “pertarungan” mana yang layak untuk diikuti. Terkadang diam justru lebih baik ketimbang memberikan opini.

4. Jangan Membandingkan Jalan Kariermu Dengan Orang Lain

Tidak masalah jika Anda melihat prestasi seseorang sebagai panutan atau pecutan untuk berbuat lebih baik lagi. Tapi bakal menjadi masalah ketika Anda membandingkannya dengan apa yang Anda jalani sekarang dan merasa down. Yang harus Anda ketahui, semua orang memiliki jalan yang berbeda-beda dalam meraih tangga suksesnya.

5. Fokuslah Pada Kekuatanmu

Teknologi boleh berganti tapi tidak ada yang dapat mengalahkan pengalaman. Tidak perlu takut bersaing dengan anak-anak baru karena Anda sudah memiliki kekuatan dari segi pengalaman. Anda tinggal mengasah kekuatan Anda tersebut dan beradaptasi dengan perkembangan yang ada sekarang.