Dunia Kerja

5 Manfaat Internship yang Menarik Diketahui

Internship adalah salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan dan menambah pengalaman di bidang industri tertentu. Bekerja sebagai internship akan membantu Anda melatih kemampuan sebelum akhirnya bekerja di perusahaan impian.

Bahkan menjadi sukarelawan beberapa jam seminggu akan memberi Anda keterampilan dan mempercantik resume Anda, serta berkenalan dengan koneksi yang dapat membantu dalam pencarian pekerjaan Anda. Simak manfata bekerja internship yang lainnya di sini!

1. Mendapatkan Pengalaman

Pertama, pikirkan keterampilan atau keterampilan penting untuk pekerjaan impian Anda yang ingin Anda kembangkan. Kemudian, pertimbangkan pekerjaan internship yang akan membantu Anda mengembangkan keterampilan itu.

Misalnya, jika Anda membutuhkan lebih banyak pengalaman dalam perawatan pasien, pertimbangkan untuk menjadi sukarelawan di rumah sakit setempat Anda. Jika Anda perlu mengembangkan pengalaman penggalangan dana, tanyakan apakah program nirlaba atau relawan lokal membutuhkan bantuan penggalangan dana. Jika Anda ingin bekerja dengan hewan, menjadi sukarelawan di penampungan setempat atau tawarkan bantuan untuk kelompok penyelamat hewan.

2. Memperluas Jaringan Anda

Bekerja intern juga juga merupakan cara yang bagus untuk memperluas jaringan koneksi Anda. Pertimbangkan menjadi intern untuk perusahaan atau organisasi yang terkait dengan bidang  yang ingin Anda geluti. Ini bisa menjadi cara untuk membuat kontak baru yang berpotensi membantu Anda dalam pencarian pekerjaan. Semakin banyak orang yang Anda kenal, semakin besar juga peluang Anda untuk mendapatkan informasi lowongan kerja.

3. Cara Melamar dan Diwawancara Terkait Pekerjaan mewawancarai pekerjaan

Saat Anda melamar menjadi intern, Anda akan belajar proses perekrutan. Bagaimana melengkapi aplikasi dan ikut serta dalam wawancara, melalui proses penyaringan, mempersiapkan diri untuk wawancara, dan lain-lain. Pastinya ini bisa jadi bekal Anda untuk melamar pekerjaan yang sebenarnya ke depannya.

4. Menemukan Mentor

Bekerja intern dapat membantu Anda menemukan seorang mentor. Seorang mentor adalah seseorang yang dapat membimbing dan mendorong Anda dalam karier.

5. Memberi Referensi buat Anda

Bekerja intern apat memberi Anda referensi yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan ke depannya. Anda bisa meminta seseorang untuk menjadi referensi. Beberapa perusahaan kadang memberikan sertifikat kepada pegawai internnya.

Anda dapat memasukkan ini dalam resume atau menyebutnya dalam sebuah wawancara. Sertifikat ini dapat menunjukkan jumlah jam Anda menjadi intern dan keterampilan yang Anda pelajari. Pastinya ini bisa menjadi nilai tambah untuk ke depannya!