Kolom Pencari Kerja

5 Hal Tentang HRD yang Harus Diketahui Para Pencari Kerja

Apa yang berada di balik “pintu” HRD? Pasukan HRD ini sepertinya memiliki misi rahasia yang tidak seorang calon karyawan dan karyawan pun tahu. Apakah mereka benar-benar penghubung antara Anda dan perusahaan? Ketimbang bertanya-tanya simak 5 fakta ini,

1. Mereka Bukan “Penyambung” Sesungguhnya

Pernah mendengar istilah, apa yang terbaik untuk perusahaan belum tentu terbaik untuk karyawan? Ya, HRD adalah pasukan yang mendatangkan kebaikan untuk perusahaan karena memang untuk itulah mereka dipekerjakan. Ini bukan persoalan sinisme, ini kenyataan dan fakta.

2. HRD Tidak Benar-benar Menjaga Rahasia

Kalau memang mengatasnamakan kepentingan perusahaan HRD akan membukakan apa yang Anda katakana atau utarakan kepada perusahaan. Jadi, sebenarnya tidak ada hal yang sifatnya benar-benar rahasia, semua tergantung unsur kepentingan saja. Tapi, bukan berarti Anda tidak bisa mengatakan apa-apa kepada HRD, kalau memang dibutuhkan selagi masih di dalam koridor pekerjaan sebaiknya katakana saja. Tapi harap diingat saja, tidak ada yang sifatnya personal di sini. Karena apapun cerita, ujungnya adalah kebaikan untuk perusahaan.

3. HRD Tahu Hal-hal yang Tidak Mereka Katakan Kepada Anda

Mereka sangat pintar menyimpan rahasia. Jika mereka mengatakan sesuatu belum tentu sesuatu tersebut memang benar adanya. Adakalanya apa yang mereka sampaikan sudah disaring terlebih dahulu karena kemungkinan informasi tersebut belum bisa dibagi dengan Anda ataupun karyawan lain. Ada baiknya Anda mendengarkan sumber-sumber lain sebagai pertimbangan keakuratan dan kebenaran informasi pendukung.

4. Tugas HRD Adalah Mendukung Jalannya Sistem Bukan Mengatur Sistem

Terkadang beberapa perusahaan memberikan akses yang luas kepada HRD dalam mengatur sistem termasuk posisi manajerial. Namun campur-tangan HRD hanyalah sebatas mendukung jalannya sistem bukan mengatur sistem tersebut. Karena kalau sudah masuk ke sistem tentunya yang lebih berwenang adalah jejeran manajerial.

5. Terkadang Mereka Ramah, Seringnya “Marah”

Tergantung bagaimana perusahaan mau merefleksikan sistemnya kepada karyawan-karyawannya. Terkadang ada HRD yang memang ramah tapi ada juga yang “keras” Apapun itu, Anda semestinya tidak perlu mempersoalkan yang penting Anda mengerjakan apa yang menjadi bagian Anda dengan sebaiknya saja.