Dunia Kerja

5 Aturan Mengambil Freelance

Jangan sembarang mengambil  pekerjaan freelance kalau tidak mau pekerjaan sampingan yang Anda ambil malah berbalik “memukul” Anda. Menjadi freelancer selagi Anda memiliki main job memang bukan masalah apalagi kalau ternyata kebutuhan Anda tidak terpenuhi dengan hanya mengandalkan main job tapi pastikan Anda memenuhi aturan ini:

1. Bukan Kompetitor Main Job

Kalau Anda malah mengambil pekerjaan sampingan dari kompetitor main job namanya Anda tidak memiliki aturan dan dedikasi terakit profesi Anda. Sekalian saja Anda resign dan bekerja penuh dengan kompetitor tersebut. Menjadi freelancer bukan juga suka-suka asal siapa yang bayar, Anda tetap harus menjunjung profesi Anda karena dari situlah Anda dinilai dan orang-orang lain mau memanggil Anda untuk menggunakan jasa Anda.

2. Jangan Mengganggu Jam Kerja

Kalaupun menganggu, jangan terlalu mengganggu sekali sampai-sampai atasan ataupun kolega yang lain merasa terganggu juga karena Anda ngaret terus dalam mengerjakan tugas-tugas yang seharusnya diutamakan.

3. Pintar Multi Tasking

Sebagai freelancer Anda harus jago dan semakin melatih kemampuan multi tasking Anda. Karena bukan tak mungkin deadline main job dan sampingan Anda berdekatan atau sama! Dibutuhkan ketepatan waktu, kelincahan dan kemampuan mengatur waktu yang luar biasa supaya tidak ada yang keteteran baik main job maupun sampingan. Jangan hanya karena sampingan Anda mengerjakannya setengah hati ataupun jangan karena sampingan lebih besar ketimbang main job Anda mengabaikan main job Anda.

4. Tetap Profesional

Tetaplah professional karena apapun itu main job ataupun sampingan orang akan mengingat Anda dengan apa yang Anda kerjakan. Kalau yang Anda kerjakan bagus tentunya orang akan mau menggunakan jasa Anda lagi. Kalau tidak, bisa jadi power of mouth Anda jelek dan bukan hanya tidak ada lagi yang mau menggunakan Anda, bisa jadi kehilangan main job.

5. Fee yang Menarik

Walaupun freelance jangan mengerjakan pekerjaan yang hanya sekadarnya saja. Anda juga harus mempertimbangkan apakah worth it bila Anda mengambil tugas ini atau ini hanya akan menghambat main job Anda. Perlu ada pertimbangan panjang mengenai ini.