Wawancara Kerja

4 Interview Skill yang perlu Diasah supaya Sukses Wawancara

Dengan persaingan yang begitu ketat, Anda harus menjadi yang terbaik saat mempersiapkan wawancara. Tidak diragukan lagi dengan latihan dan pengalaman Anda bisa masuk ke wawancara dengan kepercayaan diri yang sangat dibutuhkan, tetapi bersikap hormat, tulus, dan kesadaran adalah beberapa tips yang harus Anda gunakan untuk mengasah keterampilan kinerja wawancara Anda. Persiapan seperti apa yang perlu Anda lakukan supaya sukses wawancara?

1. Lakukan Riset

Lakukan riset jauh-jauh hari sebelumnya tentang pekerjaan, perusahaan, layanan, produk, dan pesaingnya. Buka situs web mereka. Baca tentang nilai inti, pernyataan misi, berita terkini, masalah yang kerap dihadapi serta informasi lain, dll.

Luangkan waktu untuk membaca deskripsi pekerjaan dan persiapkan jawaban Anda yang menunjukkan betapa cocok Anda dengan posisi tersebut.

2. Sikap yang Positif dan Sopan

Manner ataupun sikap diri adalah skill yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Tak perlu diajari lagi, Anda harus berpakaian dengan pantas baik dalam formalitas bisnis atau kasual tergantung pada perusahaan yang Anda lamar.

Pastikan pakaian Anda bersih dan rapi pada malam sebelumnya. Siapkan tas Anda dengan rincian dokumen, sertifikat, CV, foto, buku catatan, dan pena yang diperlukan malam sebelumnya. Jangan juga terlambat. Hadirlah  minimal 10 menit dan maksimal 15 menit sebelum janji temu.

Tepat waktu menunjukkan betapa bertanggung jawab dan berkomitmennya Anda terhadap pekerjaan itu. Jika alamat perusahaannya lokasi yang Anda belum ketahui, prediksi waktu tiba atau kalau perlu sehari sebelumnya sediakan waktu untuk cek lokasi sebelum wawancara.

3. Bahasa Tubuh

Bahasa tubuh Anda akan dinilai sejak Anda memperkenalkan diri kepada pewawancara hingga akhir wawancara. Oleh karena itu, hindari kesalahan non-verbal paling umum yang disebutkan di bawah ini:

  • Berulangkali menyentuh wajah dan rambut Anda
  • Tidak melakukan kontak mata
  • Tidak tersenyum
  • Tidak bersemangat
  • Duduk dengan tangan disilangkan di dada
  • Terlalu banyak gerakan tangan
  • Jabatan tangan yang lemah
  • Gelisah berlebihan

4. Komunikatif

Salah satu caranya adalah dengan mengajukan pertanyaan yang relevan di akhir wawancara. Untuk itu rencanakan terlebih dahulu serangkaian pertanyaan yang dipikirkan dengan matang. Mengajukan pertanyaan menunjukkan kepada pewawancara bahwa Anda tertarik dan tahu sedikit banyak tentang perusahaan yang Anda lamar. Untuk itu persiapkan setidaknya  3 Р5 pertanyaan yang berkaitan dengan tanggung jawab pekerjaan, budaya perusahaan, peluang berkembang di perusahaan, dan kapan harus menindaklanjuti untuk mengetahui hasil wawancara.