Dunia Kerja

Tips Menghadapi Senior di Kantor

senior-worker

Sebagai karyawan baru sudah seharusnya Andalah yang beradaptasi di kantor. Jangan menuntut supaya rekan-rekan ataupun lingkungan kantor yang beradaptasi dengan Anda. Supaya kondisi Anda “aman” di bekerja, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan saat beradaptasi dengan lingkungan kantor—terutama para senior di kantor.

  1. Iyain Saja

Jangan suka melawan senior di hari-hari pertama bekerja. Bisa-bisa Anda dianggap sombong dan tak tahu aturan. Apakah Anda mau dinilai sebagai pekerja baru yang angkuh? Ini sangat tidak baik untuk reputasi yang hendak Anda titi di kantor. Makanya, kalau senior sok menasehati supaya amannya, iyakan saja semua yang dikatakan.

  1. Banyak Senyum

Anda harus lebih banyak menebar senyum dan ramah. Biar saja dibilang sok kenal sok dekat yang penting ada usaha dari Anda untuk bersikap ramah dan mau bersahabat dengan yang lain. Pada akhirnya seiring berjalan waktu akan ada manfaat dari senyum yang Anda tebarkan ke lingkungan kantor.

  1. Tanya yang Penting Saja

Jangan kira terlalu banyak bertanya akan membuat para senior di kantor senang dan menganggap Anda orang yang haus pengetahuan. Justru dengan banyak bertanya Anda akan mengesalkan buat mereka. Cobalah dulu sebelum bertanya, ketika sudah stuck baru tanyakan. Tapi untuk hal-hal mendasar seperti aturan kantor ada baiknya Anda bertanya dulu.

  1. Jangan Asal Nimbrung

Sebagai anak baru jangan langsung nimbrung saat ada percakapan di kantor—apalagi menyoal gosip. Jadi pendengar yang baik saja dulu. Jangan juga menunjukkan antusiasme berlebihan saat mendengarkan gosip di kantor—yang sejatinya baru beberapa hari Anda bergabung di sana. Bersikaplah seolah-olah Anda tak tertarik dengan hal tersebut—walaupun sebenarnya Anda sangat tertarik.

  1. Jangan Malas Dimintai Tolong

Jangan langsung merasa terjajah ketika rekan lama meminta tolong yang sejatinya memang tugasnya dia dan bukan tugas Anda. Anggap saja ospek kecil-kecilan. Toh, dia minta tolong, bersikap lunaklah sedikit. Bagaimanapun sebagai anak baru Anda harus bisa menjadikan minggu-minggu pertama Anda untuk membaca situasi di kantor.