Dunia Kerja

Tips Bekerja Bersama Drama Queen

lebayBiasanya setiap kantor memiliki drama queen yaitu seseorang yang lebaynya ampun-ampunan. Senang mendramatisir keadaan ataupun masalah yang terjadi. yang kecil dijadikan besar yang sudah besar semakin dibikin besar. Bagaimana berdamai dengan tingkah rekan kerja yang seperti ini?

  1. Jangan Ikuti Maunya

Salah solusinya adalah jangan selalu mengikuti maunya. Kalau Anda terlalu mengikuti maunya bisa-bisa Anda terjebak dengan pola kerjanya yang sangat sensitif. Karenanya, setiap kali dia mulai beraksi, Anda harus senantiasa mengarahkan dia untuk tetap di pola kerja yang benar. Sarankan dia untuk bersikap tenang dan katakan semua bisa teratasi kalau kalian berpikiran jernih.

  1. Tegas

Sesekali tidak ada salahnya buat Anda untuk bersikap tegas kepadanya. Jangan sampai dia menganggap Anda sebagai rekan yang bisa diajaknya untuk berlebay ria. Tunjukkan kalau Anda tahu aturannya dan bila dijalankan dengan benar tidak akan ada terjadi masalah. Pun kalau ada masalah semua bisa teratasi kok asalkan dilakukan dengan pikiran jernih.

  1. Sabar

Bagaimanapun Anda harus dua kali lipat lebih sabar dengan rekan tersebut. Pada dasarnya drama queen hanya ingin menuangkan semua kekhawatiran dan kegalauannya. Bukan karena dia tak bisa bekerja sama sekali.

Coba Anda perhatikan, pasti ada positif dari si drama queen, yang karena sikap sensitifnya, kalian bisa lebih teliti. Sehingga pekerjaan walaupun berjalan lambat bisa diselesaikan dengan lebih sempurna.

  1. Tugas Masing-masing

Walaupun Anda dan dia memiliki tugas masing-masing, dia suka mencampuri apa yang menjadi tugas Anda, apakah Anda menjalankannya dengan baik atau tidak. Anda harus meyakinkan dia dan tegas mengatakan kalau Anda dan dia punya tugas masing-masing.

Sejatinya bertanggung-jawablah dengan apa yang kalian kerjakan masing-masing. Jangan terlalu mencampuri job desk orang lain. Nanti dia sendiri tugasnya tidak beres kan jadi masalah juga ke depannya.

  1. Mengingatkan

Jangan pernah bosan mengingatkannya kalau dia sudah melewati batas normal mengenai kelebayannya. Jangan sampai hanya karena sikapnya tersebut tugas jadi berantakan. Anda sudah seharusnya mewanti-wanti kalau kebagian tugas dengannya.

Pastinya tahukan kendala apa saja yang bakal dialami bila bekerja dengannya. Ini bisa ditanyakan kepada rekan-rekan kerja yang lain yang sudah pernah mengalami bekerja dengannya. Sehingga Anda bisa mewaspadai problem yang mungkin muncul.