Dunia Kerja

Tanda-tanda Perusahaan Mau Bangkrut

bangkrut

Tentunya tidak ada satupun karyawan yang menginginkan perusahaan tempatnya bekerja mengalami kemunduran finansial saat dia masih bekerja di tempat tersebut. Kalau bisa, sebelum perusahaan tersebut benar-benar gulung tikar Anda segera cabut dari perusahaan tersebut. Baca tanda-tandanya sebelum terlambat!

  1. Bos Menjadi Tak Peduli

Bos yang biasanya sangat pedulian dengan segala sesuatu serba detail di kantor kini tidak lagi. Bos bersikap acuh tak acuh. Padahal biasanya tak ada yang luput dari komentar atasan, ini bisa jadi adalah tanda kalau bos sudah tak memiliki hasrat lagi pada perusahaan tersebut.

  1. Gaji Telat

Ini salah satu penanda lainnya. Dimana gaji yang biasanya datang tepat waktu kini datang telat dan telatnya bukan sehari dua hari bahkan berminggu dan lebih dahsyatnya lagi bisa sampai sebulan. Membuat karyawan menerima gaji secara rapelan. Ini sudah bukan kondisi yang wajar lagi.

  1. Tidak Ada Produksi

Adalah salah satu tanda lain kalau perusahaan memang diambang bangkrut. Anda dan karyawan lebih sering menghabiskan waktu kerja tanpa menyelesaikan apa-apa. Lebih parah lagi kondisi ini tanpa ada penjelasan lebih dalam oleh atasan.

  1. Tampang Kusut Para Kepala Divisi

Anda bisa membaca situasi kantor lewat mimik wajah para kepala divisi. Biasanya jika sebuah perusahaan sedang dirundung masalah ataupun menghadapi masalah yang pelik, pemilik perusahaan membagi problem ini kepada para kepala divisi. Anda bisa memerhatikan gelagat para kepala divisi, apakah kusut dan seperti menyimpan sesuatu?

  1. Resign Tiba-tiba

Beberapa pentolan di perusahaan mengundurkan diri secara tiba-tiba—yang sebenarnya bukan tiba-tiba juga. Mereka sudah membaca situasi tersebut sehingga memutuskan untuk segera hengkang. Apalagi kalau sudah mendapatkan tempat yang lebih baik.

  1. Intensitas Meeting Berkurang

Kian hari sudah semakin tidak ada lagi meeting. Hari meeting dilewatkan begitu saja, seolah itu tak penting. Padahal biasanya sebelum-sebelumnya, minus satu sebelum hari pelaksanaan meeting, karyawan diingatkan. Menunjukkan betapa pentingnya meeting tersebut.

  1. Perampingan

Ini sudah menjadi tanda yang jelas. Bila perusahaan melakukan perampingan menunjukkan kalau perusahaan tidak mampu lagi membiayai karyawan-karyawannya. Inilah yang membuat perusahaan memutuskan mengurangi biaya dengan cara merampingkan jumlah anggota.