Dunia Kerja

Plus Minus Berteman dengan Atasan di Facebook

Apakah Anda berteman dengan atasan di jejaring sosial seperti Facebook ataupun Twitter? Kemudian menjadi menyesal karena mendadak Anda menjadi gagu saat hendak membuat status di Facebook.

Mesti serba hati-hati supaya tidak begitu ekstrem. Takut dinilai sebagai karyawan yang lebay atau apapun itu. Sebenarnya Anda tidak perlu sampai setakut itu, karena banyak plus—walaupun ada minusnya juga.

1. Membaca Mood

Ya dengan berteman dengan atasan di Facebook Anda dapat membaca mood atasan sehingga Anda jadi tahu bagaimana berlaku. Pun, kalau atasan Anda termasuk orang yang up date, Anda bisa tahu apa yang sedang dikerjakan dan disukai atasan nah ini bisa Anda jadikan celah untuk lebih dekat dengan atasan.

2. Mencairkan Suasana

Cukup menyenangkan sebenarnya jika bisa berbalasan pesan dengan atasan di jejaring sosial. Sehingga hubungan lebih dekat dan tak terkesan hubungan yang Anda dan atasan bangun hanya atas dasar pekerjaan saja. Suasana yang kompak bisa juga berdampak pada kehidupan di kantor.

3. Rem Urusan Pekerjaan

Walaupun ada sisi-sisi positifnya tetapi berteman dengan atasan di Facebook membuat Anda harus merem segala sesuatu bentuk luapan emosi mengenai pekerjaan di Facebook. Jangan sampai Anda keceplosan apalagi sampai mengritik atasan pun perusahaan.

4. Bahasa yang Disamarkan

Terkadang memang sebagai pengguna jejaring sosial yang aktif tak sabar untuk mengeluarkan unek-unek di jejaring sosial mengenai pekerjaan. Nah, bila Anda pintar berbahasa sebenarnya Anda bisa menyamarkan unek-unek Anda menjadi bahasa yang diperhalus dan disamarkan jangan to the point.

5. Menjaga Luapan Emosi

Bukan hanya emosi negatif yang perlu dijaga ketika berteman dengan atasan di jejaring sosial, tetapi juga perasaan bahagia misalnya panggilan kerja di perusahaan yang sudah lama didambakan. Tentunya Anda tidak mau didepak sebelum waktunya ‘kan?

6. Cerminan Perusahaan

Setidaknya sebagai image saja, sesekali postinglah sesuatu yang menginspirasi supaya atasan senang. Biar atasan menganggap kalau Anda adalah karyawan yang penuh semangat dan totalitas. Toh, walaupun banyak yang protes tapi tetap saja banyak perusahaan yang mewanti-wanti karyawannya untuk berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Karena karyawan adalah cerminan perusahaan. Anda setuju?