Dunia Kerja

Persiapan Memasuki Dunia Kerja

pertama-kerjaApa saja hal yang perlu dipersiapkan oleh calon karyawan saat memasuki kantor pertamanya?

  1. Job Desk

Walaupun Anda belum sepenuhnya tahu mengenai job desk yang akan Anda pegang nantinya—secara ini adalah hari pertama Anda, tapi sudah selayaknya Anda mengetahui garis besar mengenai job desk Anda. Ini bisa Anda gali dari wawancara dahulu dengan user.

Tentunya user sedikit banyak sudah menginformasikan kepada Anda perihal job desk yang akan Anda pegang nantinya. Kemudian, tidak ada salahnya Anda menggali mengenai perusahaan tersebut sehingga mendapatkan gambaran mengenai lingkungan perusahaan tersebut.

  1. Atasan

Tentunya Anda sudah tahu siapa yang akan menjadi atasan Anda. Tidak ada salahnya Anda mencari tahu sosok dan tipe kepribadian seperti apa atasan Anda tersebut. Jika Anda bekerja di perusahaan besar, tentunya Anda akan mudah untuk mencari informasi mengenai atasan Anda tersebut.

  1. Kemampuan Adaptasi

Sebagai karyawan baru, Andalah yang harus beradaptasi dengan lingkungan—bukan sebaliknya. Makanya Anda perlu menempa diri agar lebih luwes dan lincah dalam percakapan. Bukan berarti memaksakan diri supaya Anda diterima oleh lingkungan kerja Anda tetapi inilah yang disebut dengan penyesuaian. Penting buat Anda menyesuaikan diri di lingkungan baru supaya tidak ada kendala berarti saat bekerja.

  1. Tahan Banting

Tidak jarang sebagai anak baru Anda harus melewati proses “ospek”. Rekan-rekan kerja ingin menilai siapa Anda dan apa kelebihan Anda sehingga Anda bisa diterima di posisi yang demikian. Untuk itu Anda harus menjadi pribadi yang tahan banting, jangan sampai Anda dinilai lemah sehingga menjadi alasan rekan kerja untuk menyudutkan Anda.

Di hari-hari pertama bekerja, kondisi “ospek” adalah hal yang biasa. Perlu Anda pahami dan lakukan adalah bersikaplah sewajarnya jangan terlalu stres dalam menghadapi situasi dan kondisi yang demikian.

  1. Belajar Cepat

Kemudian yang perlu Anda lakukan lagi adalah Anda harus bisa belajar cepat dan menyerap cepat. Jangan sampai kelambanan Anda membuat pekerjaan rekan-rekan lain tertunda. Namun jangan takut juga untuk melakukan kesalahan. Salah itu biasa namun bangkit dari kesalahan baru disebut luar biasa.