Dunia Kerja

Menolak Cinta Bos

Office-RomanceApakah akan membuat Anda bermasalah di karier kelak? Sulit memang jika Anda berada di dalam posisi sebagai bawahan yang harus mematuhi bos ketika aturan tersebut tidak ada hubungannya dengan tugas Anda.

Salah satunya adalah jika atasan ternyata menyukai Anda dan Anda tidak menyukainya. Apalagi atasan ternyata sudah memiliki pasangan akan lebih kompleks lagi masalahnya. Problemnya adalah Anda membutuhkan pekerjaan tersebut dan belum bisa melepaskannya sedangkan atasan sangat mengganggu Anda dengan pernyataannya. Apa yang harus Anda lakukan?

  1. Sopan dan Elegan

Terkadang atasan sengaja memanfaatkan statusnya sebagai bos Anda untuk memanfaatkan situasi ini demi kepentingannya. Bisa jadi dia sengaja membuat situasi dimana Anda dan dia berdua di ruangan ataupun perjalanan bisnis bersama ataupun mengatakan hal-hal yang membuat Anda merasa tidak nyaman.

Bila atasan bersikap demikian sudah sewajarnya Anda meladeninya dengan sopan dan elegan. Tunjukkan kalau Anda memiliki sikap profesionalitas yang tinggi dan memiliki martabat tidak seperti atasan yang menggunakan statusnya untuk kebutuhan pribadinya.

  1. Sindir Bila Perlu

Anda bisa kok menyindirnya jika memang dia sudah berlaku yang kurang pantas. Berikan sindiran halus yang menunjukkan kalau Anda tidak setuju dengan sikapnya yang kurang dewasa tersebut. Tapi jangan terlalu blak-blakan ataupun straight to the point, tunjukkan kalau Anda punya gaya yang lebih baik ketimbang dia.

  1. Jangan Memanfaatkan

Anda salah besar jika memanfaatkan perasaan atasan untuk urusan pekerjaan. Apalagi jika atasan ternyata sudah menikah. Jangan sampai Anda bermain api, mencoba-coba. Anda harus tahu atasan Anda pasti punya pengalaman lebih ketimbang Anda. Jangan sampai Anda terlena dan menjadikan Anda terjebak pada permainan Anda sendiri.

  1. Abaikan Gosip

Jika cerita kalau atasan naksir Anda sudah menjadi gosip yang menyebar di kalangan rekan-rekan kerja Anda harus menahan-nahan telinga Anda untuk mendengarkan berita tersebut. Jangan terpancing sampai-sampai berkomentar yang memicu hal buruk.

Apalagi bila Anda terbawa emosi dan mengatakan kalau Anda menolak atasan tersebut. Bisa-bisa Anda didepak dari perusahaan ataupun atasan akan berbalik sebal dan mengganggu atmosfer bekerja kalian.