Dunia Kerja

Kualifikasi yang Dibutuhkan Profesi Social Media Manager

Satu dekade lalu, peran social media manager tidak ada. Namun, saat ini, hampir setiap perusahaan terlibat dalam media sosial dengan satu atau lain cara. apa yang dibutuhkan untuk menjadi social media manager yang handal? Keterampilan apa yang harus dikuasai dan sifat yang harus dimiliki? Bagaimana Anda bisa bekerja di area tersebut?

1. Copywriting

Copywriting adalah keterampilan mendasar untuk pemasaran media sosial. Untuk meningkatkan keterampilan copywriting, Anda direkomendasikan mempelajari beberapa rumus copywriting untuk membantu Anda membuat tulisan yang menginspirasi. Menemukan formula copywriting  yang sesuai untuk Anda dapat menjadi pendorong produktivitas yang hebat dan juga meningkatkan kualitas konten media sosial yang Anda buat.

2. Public Speaking (percaya diri di depan audiens)

Dengan fitur dan aplikasi seperti Facebook Live, Instagram Live, dan Periscope, video langsung menjadi semakin penting di platform sosial. Untuk memanfaatkan tren video live, social media manager harus cukup percaya diri untuk siaran langsung di media sosial agar dapat terhubung dengan audiens mereka.

Memiliki keterampilan berbicara di depan umum akan membantu Anda mempresentasikan ide-ide Anda, mewawancarai tamu, menjawab pertanyaan dadakan, dan mengobrol dengan pengikut Anda secara real-time.

3. Keterlibatan Komunitas

Media sosial adalah saluran teratas yang dikunjungi orang untuk layanan pelanggan, tetapi hanya sedikit bisnis yang menggunakan media sosial untuk dukungan pelanggan. Ini berarti ada peluang besar di sini untuk memberikan pengalaman layanan pelanggan yang luar biasa.

Sebagai wajah perusahaan Anda di media sosial dan orang yang kemungkinan besar akan menanggapi setidaknya beberapa pesan yang diterima brand Anda di platform seperti Twitter dan Facebook. Penting bagi social media manager untuk memiliki keterampilan percakapan dan empati untuk membantu Anda terhubung dengan pelanggan di media sosial.

Keterlibatan komunitas sangat mirip dalam banyak hal. Anda bisa mengajukan pertanyaan yang tepat untuk memfasilitasi keterlibatan dan menjawab pertanyaan tentang produk, perusahaan, atau industri.

4. Kemampuan Analisis

Social media manager harus mampu memahami kinerja media sosial perusahaan untuk tujuan bisnis dan menilai mana yang berarti bagi bisnis. Mengetahui cara membaca dan menafsirkan data sekarang menjadi keterampilan penting bagi pengelola media sosial.