Dunia Kerja

Kerja di Eks Kompetitor

Pernah mengalami atau sedang mengalami bekerja di perusahaan yang dulunya adalah kompetitor Anda? Apa yang Anda rasakan? pastinya canggung dan belum lagi pandangan miring karyawan-karyawan di sana tentang Anda. Hampir semua pernah mengalami bekerja di perusahaan yang dulunya adalah siangan perusahaan lama tempat bekerja dulu. Sebenarnya sah-sah saja bekerja di eks kompetitor. Apalagi jika Anda “dibajak” itu artinya mereka mengakui kemampuan Anda.

Bekerjalah secara profesional maka hasil yang maksimal pun akan Anda dapatkan. Masalahnya tidak semudah itu mengubah pandangan karyawan-karyawan atau rekan-rekan Anda sekarang bahwasanya Anda adalah bagian dari mereka Karena itu ada beberapa hal yang patut Anda garis bawahi, lakukan dan tekankan dalam Anda bekerja. Berikut caranya:

1. Profesional

Sikap inilah yang memang harus Anda junjung tinggi. Lakukan apa yang menjadi kewajiban dan tugas Anda dengan maksimal. Bekerjalah dengan profesional tanpa memandang atas sentimen pribadi.

Seperti yang kita ketahui, kantor sarat dengan intrik politik. Jauhilah hal-hal demikian. Ingat tugas Anda adalah bekerja bukan bergosip ataupun menyenangkan orang lain. Tutup telinga Anda untuk hal-hal negatif yang hanya akan menjatuhkan semangat Anda dalam bekerja.

2. Tidak Untuk Menyenangkan Orang Lain

Salah besar jika Anda berusaha menyenangkan semua orang di kantor hanya demi untuk sebuah penerimaan. Anda beranggapan karena Anda dulunya berasal dari kubu “musuh” artinya Anda layak untuk berusaha dua kali lipat lebih besar supaya diterima di kantor.

Ingat yang menggaji Anda adalah atasan bukan sesama karyawan. Kenapa Anda harus pusing dengan penerimaan orang lain? Sebaiknya Anda berhenti untuk memikirkan pendapat orang lain dan memikirkan bagaimana bekerja semaksimal mungkin.

3. Jangan Menjelekkan

Anda berpikir dengan mengungkapkan semua minus di perusahan lama akan membuat rekan-rekan kantor percaya kepada Anda dan menerima Anda. Justru salah besar jika berpikir demikian.

Dengan Anda mengutarakan semua minus di perusahaan lama hanya membuktikan Anda bukanlah orang yang elegan. Anda hanya sekadar “cari muka” untuk mendapatkan perhatian rekan-rekan lain.