Dunia Kerja

Kenapa Kerja Bisa Bikin Berat Badan Naik

eating-at-work-deskTahukah Anda bekerja bisa menyebabkan kenaikan berat badan jika Anda melakoni rutinitas yang tidak menyehatkan. Bisa jadi Anda merasa tidak makan terlalu banyak, malah lebih banyak menghabiskan waktu di dalam himpitan kubikel, eits salah besar bila Anda mengira demikian.

  1. Tidak Banyak Bergerak

Terlalu banyak duduk dapat meningkatkan kenaikan berat badan. Pasalnya Anda tidak menggerakkan badan dan terpaku pada komputer saja. Padahal tubuh perlu beraktivitas untuk membakar kalori dan tentu saja tubuh juga membutuhkan peregangan.

Sesekali bergeraklah dari kubikel, entah itu berdiri atau mengambil minum di pantry. Jangan biarkan badan Anda terpaku di depan layar komputer selama berjam-jam. Selain tubuh tidak bergerak, mata juga tidak sehat karena berjam-jam terpapar layar komputer.

  1. Mengemil

Kebiasaan mengemil tentu saja membuat tubuh membengkak. Walaupun Anda melewatkan makan siang sekalipun. Jumlah asupan kalori dari camilan yang Anda makan lebih besar ketimbang makan siang.

Belum lagi dari sisi kesehatannya. Mengganti menu makan siang, nasi, sayur, ikan dan buah dengan camilan cokelat, biskuit dan minuman ringan tentunya sangat tidak disarankan. Belum lagi efek kenyang yang tak tahan lama karena gizi yang minus.

  1. Kopi

Minum bergelas-gelas kopi saat deadline ataupun bekerja adalah kebiasaan yang tidak baik. Mungkin Anda tidak sadar ternyata sudah lebih dari dua gelas kopi yang Anda tenggak padahal hari belum beranjak sore.

Belum lagi pilihan kopi Anda yaitu sachetn memiliki kandungan gula lebih banyak ketimbang kopi yang ada di gerai kopi. Menganggap sebelah mata dengan kebiasaan-kebiasaan seperti ini akan membuat Anda tidak aware dengan kesehatan sendiri.

  1. Ramah-tamah Bersama Klien

Kebiasaan meeting lunch ataupun ramah-tamah lainnya bersama klien bila Anda tidak perhatian hanya akan menambah bobot tubuh Anda. Sulit untuk menolak santapan lezat apalagi jika menu tersebut jarang terhidang di hadapan Anda.

Jangan sampai hal demikian terjadi dan Anda membiarkannya. Bisa-bisa berat badan tak hanya bertambah tetapi penyakit juga melekat di tubuh Anda seperti diabetes dan kolesterol. Tubuh yang membengkang juga akan menyulitkan Anda dalam bekerja.