Dunia Kerja

Jika Bawahan Lebih Senior (Umurnya)

lebih-tuaBukan tak mungkin Anda menjadi kepala divisi yang memiliki bawahan dengan usia lebih senior dibanding Anda. Sebenarnya tidak akan ada permasalahan yang berarti jika sama-sama menghormati hak dan kewajiban masing-masing.

Masalahnya ada beberapa orang yang merasa karena masa bekerjanya lebih lama ataupun dia duluan masuk di perusahaan tersebut sehingga lebih pantas untuk menduduki kedudukan yang lebih tinggi. Dalam lingkungan kantor kecemburuan demikian selayaknya biasa terjadi.

Atasan yang baik tidak akan mempersoalkan hal demikian. Justru atasan lebih memikirkan prestasi serta hal-hal positif yang bisa diberikan kepada perusahaan dan lingkungan kantor—bukan hanya lama bekerja atau siapa terlebih dahulu bekerja.

Jika Anda berada pada posisi demikian, disudutkan karena mendapatkan posisi lebih tinggi—mengepalai sebuah divisi, padahal Anda baru beberapa bulan di perusahaan tersebut dan lebih muda lagi Anda bisa mempraktikkan beberapa poin di bawah ini untuk mendongkrak rasa percaya diri sehingga bisa menjalankan tugas dengan baik tanpa terganggu sikutan dari kecemburuan rekan lain.

  1. Punya Nilai Lebih

Anda harus menyadari jika Anda diberi kesempatan untuk mendapatkan posisi lebih tinggi dan memimpin sebuah departemen berarti Anda punya nilai lebih di mata perusahaan terlebih di mata atasan. Anda diberi kenaikan jabatan bukan karena kasihan tetapi prestasi Anda. Berbanggalah dan embanlah tugas tersebut dengan maksimal.

  1. Tunjukkan Kewajiban

Sejatinya setiap jabatan memiliki tugas dan tanggung-jawab ya laksanakan saja tugas-tugas tersebut. Jika Anda bertugas untuk memberi pekerjaan buat bawahan yang lebih “senior” tersebut yang katakan saja secara profesional. Tidak perlulah Anda merasa tidak enak hati ataupun enggan dan sungkan. Perasaan-perasaan demikian akan merugikan diri sendiri dan atasan akan menilai Anda kurang tegas dan belum cocok menjadi pemimpin.

  1. Sopan

Walaupun Anda atasan, tetaplah menjaga sopan santun. Ini dilihat dari cara Anda memberikan tugas kepada bawahan Anda. Jika karena sikap Anda mereka kurang menghormati Anda berarti jika suatu saat mereka tidak hormat itu sepenuhnya kesalahan Anda. Orang akan segan dengan Anda jika Anda sopan dan baik dalam pelaksanaan tugas.