Dunia Kerja

Jatuh Cinta dengan Bawahan, Ini Aturannya!

Yang namanya perasaan cinta tentunya tidak bisa diatur-atur sedemikian rupa—termasuk ketika Anda jatuh cinta dengan bawahan Anda. Meski perasaan tidak bisa diatur kepada siapa akan “jatuh” tetapi kita bisa mengendalikannya.

1. Profesional

Cinta memang tidak mengenal profesi, suatu saat bisa saja Anda memiliki perasaan terpendam kepada junior Anda di kantor. Namun Anda tetap harus bersikap profesional. Jangan mengistimewakannya karena perasaan cinta tersebut. Jika dia salah tetap harus ditegur dan jika berprestasi dipuji.

2. Kontrol & Konsentrasi

Anda harus mampu mengontrol perasaan Anda kepadanya. Jangan sampai jam di kantor Anda habiskan hanya untuk memandanginya. Tentu saja ini tindakan yang sangat salah. Bisa-bisa pekerjaan terbengkalai sehingga Anda mendapat catatan merah dari atasan Anda.

3. Hindari

Jika perasaan Anda sangat menggebu cobalah untuk menenangkan diri selama beberapa hari dengan menjauhi dia. Sibukkan diri Anda dengan tugas-tugas, maksimal dalam setiap apa yang Anda kerjakan. Usahakan jangan terlibat proyek dimana hanya ada Anda dan dia saja—jika Anda belum bisa mengendalikan perasaan Anda.

4. Tetap Profesional Jika Diterima

Bukan mustahil ternyata junior Anda tersebut memiliki perasaan yang sama dengan Anda. tentu saja perasaan Anda berbunga-bunga, ini tak bisa ditutup-tutupi. Tapi buatlah perjanjian dengannnya bahwasanya jangan sampai hubungan Anda dan dia mengganggu kinerja karyawan yang lain.

Jangan biarkan dia merasa istimewa karena dia merupakan pacar atasan. Tentu saja ini menimbulkan iri hati bagi karyawan-karyawan lain. tentu saja Anda tidak mau ini terjadi.

5. Disalahgunakan

Jangan sampai perasaan Anda disalahgunakan oleh bawahan. Ternyata dia menerima cuma sekadar memanfaatkan Anda. Tentunya ini tidak baik untuk atmosfer kerja. Bisa mengganggu performa kerja Anda.

Tak ada yang salah dari memberi perhatian khusus kepada orang yang Anda sukai tetapi alangkah salahnya jika perasaan tersebut disalahgunakan untuk kepentingan atas nama profesi. Jika memang benar junor Anda melakukannya seharusnya ini sudah menjadi peringatan buat Anda kalau ternyata dia bukan orang yang baik.