Dunia Kerja

Jangan Melakukan Ini Saat Tak Masuk Kantor

Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan saat tak masuk kantor. Apalagi jika alasan Anda tak masuk adalah sakit ataupun izin karena urusan keluarga. Padahal sebenarnya Anda hanya malas saja ataupun sedang mengikuti tes untuk calon kantor baru.

  1. Jauhi Media Sosial

Jangan sering-sering membuat status baru di jejaring sosial. Apakah itu Facebook, Twitter—apapun itu. Rekan-rekan kerja bisa melihatnya di timeline dan bukan tak mungkin atasan juga melihatnya dan walaupun yang Anda buat tidak ada kaitannya dengan kerja tapi bisa jadi nilai buruk sehingga muncul komentar, “Ada urusan sampai tak masuk kerja tapi bisa up date status di Facebook…”

  1. Status yang “Memancing”

Sepertinya memang jejaring sosial harus dijauhi semaksimal mungkin. Jangan sampai Anda membuat status yang “memancing” yang menunjukkan Anda sebenarnya sedang ada dimana dan melakukan apa. Bisa saja sih, hasil wawancara Anda di calon kantor baru sangat memuaskan tapi bukan semua hal yang menyenangkan diungkapkan melalui media sosial ‘kan?

  1. Peraturan Tempat Umum

Ada baiknya Anda menjauhi tempat-tempat yang memiliki kemungkinan besar bisa bertemu dengan klien, atasan ataupun rekan kerja. Tidak perlulah mencari perkara dengan mendatangi tempat-tempat demikian. Anda tidak tahu bisa saja Anda bertemu dengan seseorang yang Anda kenal yang membuat Anda terkena masalah di kantor nanti.

  1. Satu Cerita

Pertahankan satu cerita untuk semua orang yang menanyakan alasan Anda tidak masuk kantor. Sebaiknya tidak usah bertele-tele merangkai alasannya, sehingga Anda tidak perlu payah-payah mengingatnya. Dan ingatlah untuk selalu mengatakan hal yang sama kepada semua orang yang menanyakannya.

  1. Jangan Terlalu Sering

Sebaiknya dan amannya jangan terlalu sering izin kantor untuk untuk “aktivitas” demikian. Jujur saja, sebenarnya menyenangkan dan menguntungkan mengambil kesempatan seperti ini. Namun bila terlalu sering bisa-bisa kantor mencurigai Anda dan “memata-matai” apapun yang Anda lakukan.

  1. Tidak Percaya Siapapun

“Tidak ada teman yang abadi di kantor!” ini yang harus ada tanamkan baik-baik di dalam hati. Bahwasanya tidak ada satupun yang bisa Anda percayai di kantor, jadi tidak perlulah menceritakan apa-apa yang Anda kerjakan di luar. Apalagi alasan sebenarnya kenapa Anda tak masuk kantor.