Dunia Kerja

Ini Beda WFH dengan Remote Job

Akhir-akhir ini pasti Anda sering mendengar istilah WFH (Work from home) dan remote job. Apakah keduanya adalah aktivitas yang sama? Nah, buat Anda yang bertanya-tanya, kedua aktivitas ini punya perbedaan walaupun terlihat serupa.

WFH adalah situasi sementara, sedangkan remote job adalah kerja jarak jauh. Untuk perbedaan lebih jelasnya, berikut ini adalah uraian apa yang membedakan WFH dengan remote job!

Memahami Term Remote Job dan WFH

Remote job adalah istilah umum yang mencakup:

  • Orang yang bekerja dari rumah
  • Orang yang bekerja dari coworking space atau kafe
  • Orang yang bekerja dari jarak jauh, tetapi dengan jadwal yang fleksibel
  • Orang yang bekerja dari jarak jauh, dan juga datang ke kantor dari waktu ke waktu

Istilah remote job dan WFH cukup tumpang tindih, tapi ada perbedaan yang jelas. Alih-alih datang ke kantor dan berinteraksi dengan anggota tim secara langsung, pekerja jarak jauh atau remote job, menggunakan alat digital untuk menangani tugas, menyelesaikan proyek, dan berkomunikasi dengan tim mereka.

Anda dapat bekerja dari jarak jauh dari mana saja, selama Anda memiliki laptop dan koneksi internet yang stabil. Kondisi ini bisa disebabkan karena tempat tinggal karyawan yang jauh sehingga tidak diharus datang ke kantor sama sekali. Tetapi sebagian karyawan jarak jauh mungkin diminta untuk datang ke kantor setidaknya beberapa kali setiap bulan.

Beberapa perusahaan dengan jam kerja khusus meminta karyawan jarak jauh untuk bekerja hanya selama jam-jam tertentu, meskipun itu berarti bekerja pada shift malam. Perusahaan lain yang lebih fleksibel, tidak begitu mempermasalahkan waktu asalk karyawan menyelesaikan sebelum tenggat.

Bekerja jarak jauh di luar kantor tanpa pernah bertemu rekan kerja memerlukan serangkaian keterampilan, sumber daya, dan kemampuan berbeda yang tidak dimiliki semua orang. Saat Anda bekerja dari jarak jauh, Anda dituntut untuk memiliki sikap mandiri, inisiatif, dan responsif.

Keuntungan dari bekerja jarak jauh adalah Anda dapat menciptakan lingkungan kerja sendiri sesuai dengan gaya kerja pribadi Anda. Beberapa orang suka bekerja di tempat yang ramai, sedangkan yang lain lebih suka berkonsentrasi dalam keheningan.  Dengan kerja jarak jauh, Anda dapat mengoptimalkan produktivitas dengan menciptakan ruang kerja yang sesuai dengan kebutuhan Anda secara sempurna.

Hasilnya, pekerjaan jarak jauh telah menjadi keuntungan yang diinginkan banyak pencari kerja dan membantu perusahaan merekrut dan mempertahankan talenta terbaik. Ini juga mengarah pada pengalaman karyawan yang positif, produktivitas yang lebih tinggi, dan biaya overhead infrastruktur yang lebih rendah.

Bagaimana dengan WFH? WFH  adalah kondisi terdesak di mana Anda tidak bisa datang ke kantor sehingga menyelesaikan pekerjaan kantor di rumah. Sama halnya seperti bekerja jarak jauh, Anda membawa pulang laptop dan pekerjaan kantor dan mengerjakan tugas kantor sesuai dengan jam kerja.

Sistem kerja ini cukup efektif terutama di masa pandemi sekarang ketika pembatasan sosial dan jumlah karyawan dibatasi demi diberlakukannya protokol kesehatan. Pada sistem WFH, Anda masih memiliki kerangka kerja dan struktur kantor Anda, dan orang-orang yang bekerja di sana di mana kondisinya disesuaikan dengan karyawan yang menjalani WFH.