Dunia Kerja

Belajar Mencintai Pekerjaan yang Tak Disukai

love-jobAda beban tersendiri yang harus dilewati setiap kali harus melakukan hal yang tidak disukai—meski digaji sekalipun. Meski begitu—diperhadapkan dengan situasi yang demikian Anda tetap harus bekerja. Lantas apakah ada solusi untuk situasi demikian, selain resign?

  1. Temukan Alasan

Anda harus bisa menemukan alasan kenapa Anda tidak menyukai pekerjaan tersebut. Kemudian apa yang membuat Anda bisa “terjebak” dan bekerja dalam profesi demikian. Bila Anda sudah menemukan alasan-alasannya, Anda jadi tahu kenapa bisa tidak suka.

  1. Bosan

Mungkin sebenarnya Anda bukannya tidak mencintai profesi Anda tetapi mengalami kejenuhan. Kebosanan ini ada banyak penyebab, bisa karena Anda sudah terlalu lama mengerjakan hal yang sama ataupun Anda sudah lama tidak mengambil cuti. Jenuh adalah hal yang lumrah namanya juga manusia biasa. Hanya saja yang perlu dilakukan adalah tanggap dengan situasi demikian sehingga tidak berkepanjangan.

  1. Masalah Pada Rekan/Lingkungan

Sebenarnya Anda baik-baik saja dengan pekerjaan/profesi yang sedang dilakoni sekarang. Masalahnya terletak pada rekan kerja yang tidak bisa diajak bekerja sama ataupun lingkungan kerja yang tidak kondusif. Bila demikian halnya yang harus Anda lakukan adalah menyelesaikan secara personal dengan rekan tersebut ataupun berdamai dengan lingkungan yang demikian. Jangan biarkan situasi menghalangi karier Anda.

  1. Menemukan Motivasi

Anda harus bisa menemukan motivasi ataupun penyemangat Anda dalam bekerja. Dengan menemukan motivasi setidaknya dapat mengurangi rasa “tidak suka” Anda akan pekerjaan yang sedang dilakoni.

  1. Jangan Menunda

Semakin Anda menunda, pekerjaan akan menumpuk. Makanya saat ada tugas langsung kerjakan saja tidak perlu berlama-lama menunda pekerjaan tersebut. Lawan rasa malas dengan mengerjakan pekerjaan sesegera mungkin.

  1. Apresiasi

Bekerja sebaik mungkin dan pemberian apresiasi dari atasan akan memberikan suntikan semangat untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Sehingga meminimalkan rasa malan dan keengganan untuk bekerja.

  1. Semua Orang Mengalaminya

Mungkin dengan menyadari kalau semua orang ataupun sebagian orang juga mengalami hal yang sama dapat meringankan hati. Namanya juga pekerjaan ya harus dituntaskan toh suka atau tidak suka Anda mendapat gaji dari sini. Kalau Anda sudah tidak merasa nyaman lagi Anda bebas memilih pekerjaan lain.