Dunia Kerja

Aturan Dinas Bareng Atasan

whoismybossAda hal-hal yang boleh dilakukan tetapi lebih banyaknya tidak. Meskipun ini dinas luar kota dan semi formal, Anda tetap harus bertindak seperti selayaknya kalian berada di kantor. Jangan sampai atasan menganggap Anda tidak profesional.

Ini bukan liburan—sekalipun tempat yang didatangi adalah spot liburan favorit. Ada banyak hal yang harus Anda jaga dan persiapkan selama bertugas dengan atasan. Sebenarnya Anda lebih banyak menahan diri supaya tidak terlarut dengan euforia yang ada.

  1. Kurangi Antusias

Jangan terlalu menunjukkan antusias Anda. Bisa jadi atasan merasa terganggu dengan hal tersebur dan bisa-bisa karena sikap Anda yang menurutnya mengganggu tersebut atasan balik bersikap kejam kepada Anda. Misalnya dengan memberikan Anda tugas-tugas yang seharusnya tidak penting-penting sekali dituntaskan. Intinya, ingin mengingatkan Anda kalau sekarang ini adalah saatnya bekerja bukan bersantai.

  1. Minim Jejaring Sosial

Jangan terlalu sering up date status, apalagi kalau Anda dan atasan memang berteman di jejaring sosial. Atasan tidak suka karyawan yang terlalu heboh dengan gadget saat sedang dinas di luar kota.

Bertindaklah profesional, tidak berlebihan. Apalagi sampai mengeluh kondisi di luar kota di jejaring sosial. Apa Anda bisa bayangkan apa yang akan dilakukan atasan kalau sampai atasan tahu apa yang Anda lakukan?

  1. Persiapan Maksimal

Anda harus mempersiapkan apapun yang akan dilaksanakan nantinya di luar kota dengan sebaik mungkin. Jangan sampai ada satu yang terlewatkan yang pada akhirnya membuat masalah ke depannya.

Profesional tetap dituntut di sini, meskipun Anda dan atasan berada di dalam situasi yang tidak formal. Sejatinya apa yang Anda kerjakan di kantor, bagaimana performa Anda harus sama maksimalnya walaupun berada di luar kota.

  1. Sopan

Bisa jadi Anda harus satu kantor dengan atasan, sehingga Anda tetap harus sopan dan beretika. Jika Anda melihat kebiasaan atasan yang bisa jadi agak aneh ataupun nyeleneh di mata Anda, jangan jadikan ini sebagai bahan pergunjingan di kantor nanti.