Dunia Kerja

Apa Itu Profesi Content Creator?

Content creator adalah seseorang yang bertanggung jawab atas kontribusi informasi ke media apa pun dan terutama ke media digital. Mereka biasanya menargetkan pengguna akhir/audiens tertentu dalam konteks tertentu. Pembuat konten dapat menyumbangkan salah satu dari produk berikut:

1. Blog

2. Berita

3. Gambar

4. Video

5. Audio

6. Email

7. Pembaruan sosial,

8. Konten terkait lainnya.

Sebelum Anda dapat membuat konten yang menarik, berkonversi tinggi, Anda perlu memahami semua yang perlu diketahui tentang peran pembuat konten. Seorang content creator bukan hanya tentang mengumpulkan kutipan cantik pada latar belakang di Canva dan kemudian mempostingnya di Instagram.

Faktanya, pembuatan konten adalah aktivitas bentuk seni, dan pencarian profesional yang membutuhkan kerja terorganisir, kreatif, analitis, asosiatif, disiplin dan beragam.

Konten yang sukses adalah kunci untuk melakukan segalanya mulai dari memberdayakan pemasaran ke tindakan berikutnya. Untuk menjadi conten creator yang sukses Anda harus:

1. Kenali Audiens Anda

Pembuat konten membuat konten untuk menarik audiens yang akan mengunjungi halaman bisnis, situs web, dan blog mereka.  Anda mungkin tahu apa produk Anda, dan Anda mungkin memiliki strategi konten yang sempurna, tetapi jika Anda menargetkan audiens yang tidak sesuai dengan kategori Anda, maka semua kerja keras itu mungkin akan sia-sia.

2. Buat Konten yang Kontiniu

Sekarang setelah Anda mengetahui audiens target Anda, Anda perlu memastikan bahwa Anda dapat menarik mereka pada setiap tahap pengalaman mereka saat mereka berinteraksi dengan Anda sebagai sebuah bisnis.

Calon pelanggan berinteraksi dengan bisnis 7 kali sebelum mereka akhirnya membeli produk. Dan untuk menjadikan 7 interaksi ini paling bermanfaat bagi bisnis Anda, penting bagi Anda untuk fokus pada bagaimana Anda dapat menarik perhatian mereka di setiap level.

Konten yang Anda buat harus menarik bagi audiens, meningkatkan keingintahuan mereka untuk mengetahui lebih banyak dan pada saat yang sama memberikan informasi yang cukup bagi Anda untuk mengetahui apa yang diperjuangkan oleh perusahaan.

Konten menarik yang tampak lebih menyenangkan bagi audiens memiliki lebih banyak peluang untuk membawa pelanggan ke tingkat interaksi berikutnya. Dan ini harus menjadi fokus dari pembuat konten bahwa bagaimana konten mereka dapat mengarahkan calon pembeli menjadi pembeli setia.

3. Gunakan Iklan Untuk Mempromosikan Konten Anda

Fokuslah pada kualitas konten Anda daripada menekankan kuantitas konten Anda. Dan begitu Anda memiliki konten berkualitas di tangan Anda, pastikan Anda menginvestasikan jumlah yang baik (sesuai dengan anggaran Anda, tentunya) untuk memasarkan konten berkualitas yang baru saja Anda buat.

Semua forum media sosial memiliki alat periklanan yang dapat digunakan untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Alat-alat ini persis seperti yang Anda butuhkan sebagai pengusaha untuk menampilkan konten Anda berkaliber tinggi kepada audiens Anda dan menarik mereka untuk mengunjungi halaman Anda, dan akhirnya membeli produk Anda.