Dunia Kerja

Apa itu Account Receivable?

Mungkin akhir-akhir ini Anda sering mendengar istilah account receivable, apakah itu? Account receivable atau piutang mengacu pada faktur terutang yang dimiliki perusahaan atau uang yang harus dibayarkan klien kepada perusahaan.

Frasa ini mengacu pada nominal yang berhak diterima pebisnis karena telah mengirimkan produk atau layanan. Account receivable atau piutang mewakili jalur kredit yang diberikan oleh perusahaan dan biasanya memiliki persyaratan yang mengharuskan pembayaran jatuh tempo dalam jangka waktu yang relatif singkat. Ini biasanya berkisar dari beberapa hari hingga satu tahun sesuai dengan perjanjian.

Perusahaan mencatat piutang sebagai aset di neraca mereka karena ada kewajiban hukum bagi pelanggan untuk membayar hutangnya. Selanjutnya, piutang adalah aset lancar, artinya saldo akun jatuh tempo dari debitur dalam satu tahun atau kurang. Jika perusahaan memiliki piutang, itu berarti perusahaan telah melakukan penjualan secara kredit tetapi belum mendapatkan uang dari klien.

Piutang merupakan aspek penting dari analisis fundamental bisnis. Piutang adalah aset lancar untuk mengukur likuiditas atau kemampuan perusahaan enutupi kewajiban jangka pendek tanpa tambahan arus kas.

Analis fundamental sering mengevaluasi piutang dalam konteks perputaran, juga dikenal sebagai rasio perputaran piutang, yang mengukur berapa kali perusahaan telah mengumpulkan saldo piutang selama periode akuntansi. Analisis lebih lanjut akan membahas penjualan yang beredar, yang mengukur periode pengumpulan rata-rata untuk saldo piutang perusahaan selama periode tertentu.

Tugas dan Tanggung Jawab Account Receivable

Peran kunci dari seorang karyawan yang bekerja sebagai pengatur piutang usaha adalah untuk memastikan perusahaan mereka menerima pembayaran untuk barang dan jasa, dan mencatat transaksi ini dengan semestinya.

Deskripsi pekerjaannya mencakup mengamankan pendapatan dengan memverifikasi dan memposting tanda terima, dan menyelesaikan setiap perbedaan. Posisi ini mengharuskan kandidat untuk memiliki perhatian yang cermat terhadap detail dalam menemukan masalah apa pun yang mungkin muncul. Adapun tugas dan tanggung jawab dari pekerjaan ini adalah:

1. Menjaga sistem penagihan

2. Menghasilkan faktur dan laporan akun

3. Melakukan rekonsiliasi akun

4. Memelihara file dan catatan piutang dagang

5. Menghasilkan laporan keuangan dan manajemen bulanan

6. Menyelidiki dan menyelesaikan segala penyimpangan atau pertanyaan

7. Membantu dalam manajemen dan analisis keuangan umum