Zona HR

Anda Perusahaan Start Up, Karyawan Seperti Apa yang Wajib Anda Rekrut?

Sekarang ini tidak bisa dipungkiri adalah zamannya start up berkembang dengan pesatnya. Apalagi industri online yang semakin gencar dan bergerak cepat tentunya ada pertimbangan tersendiri dan hal-hal yang wajib menjadi catatan penting buat Anda saat melakukan perekrutan.

1. Fresh Graduate

Secara perusahaan yang sedang berkembang dan memiliki bujet kecil, salah satu trik Anda adalah merekrut fresh graduate. Seperti yang kita ketahui fresh graduate sedang membutuhkan pengalaman ketimbang materi sehingga Anda bisa menekan gajinya.

2. Aktif di Media Sosial

Apalagi kalau perusahaan Anda adalah perusahaan yang bekerja di dunia kreatif tentunya membutuhkan anak-anak muda yang paham dengan perkembangan teknologi terutama aktfif di media sosial. Anda akan sangat terbantu dengan karyawan-karyawan muda yang memahami perkembangan yang sedan in sekarang.

3. Cek Standard Kestabilan Emosinya

Ketika Anda berhadapan dengan calon karyawan berusia muda Anda harus siap dengan kondisi emosi mereka yang bisa jadi belum stabil. Seperti yang kita tahu generasi milenial seringnya mau yang serba instan dan tidak siap dengan tantangan yang berat. Ya memang anak-anak muda menguasai teknologi namun kelemahan mereka justru di pengalaman dan ketangguhan. Ketika Anda melakukan perekrutan Anda harus siap dengan strategi menghadapi tipe karyawan demikian.

4. Anda Tetap Membutuhkan Orang-rang di Posisi Inti

Anda tidak bisa mengabaikan kalau Anda membutuhkan orang-orang yang berpengalaman di bidangnya untuk memperkuat posisi perusahaan Anda. Untuk itu Anda perlu merekrut calon karyawan yang memegang posisi inti di perusahaan Anda. Bagaimanapun juga tidak ada yang bisa mengabaikan pengalaman.

5. Cari Orang-orang yang Bersedia Memulai Dari Awal

Anda membutuhkan orang-orang yang mau memulai dari bawah dan bukan kutu loncat. Tidak semua generasi milenial adalah kutu loncat. Makanya, Anda perlu jeli di bagian ini. Di satu sisi yang Anda butuhkan adalah orang-orang berusia muda tapi juga punya ketahanan mental dimana mereka bisa bertahan lama dan tidak pindah sana-sini.