Dunia Kerja

5 Alasan Perusahaan Tiap Tahun Melakukan Perekrutan

Kekurangan karyawan bukan alasan satu-satunya perusahaan melakukan proses perekrutan. Ada beberapa penjelasan masuk akal yang akan mengenyahkan tanda tanya dari benak Anda mengenai alasan perusahaan setiap tahun melakukan perekrutan.

1. Peremajaan

Ya, perusahaan sedang melakukan peremajaan buat wajah perusahaannya. Alasannya adalah supaya perusahaan lebih fresh dengan kehadiran karyawan-karyawan baru. Bukan berarti karyawan-karyawan lama tidak mampu memberikan “kesegaran” di perusahaan. Ini lebih berkaitan dengan usia dan  semangat dalam bekerja.

2. Kreator Baru

Alasan lainnya adalah perusahaan ingin mendapatkan kreator-kreator baru untuk perusahaannya. Setiap saat selalu ada perubahan dan perkembangan dari dunia karier yang senantiasa harus di up date kalau tidak mau ketinggalan. Nah, inilah yang menjadi penjelasan kenapa perusahaan selalu merekrut hampir setiap tahunnya.

3. Mengganti yang Lama

Tapi ada kemungkinan juga kalau niat perusahaan melakukan perekrutan dengan tujuan mengganti karyawan lama. Bisa jadi karyawan yang lama menurut perusahaan sudah tidak mumpuni lagi untuk periode yang akan datang karena terdapat kekurangan di banyak sisi. Oleh karena itu perusahaan ingin mengganti yang lama dengan yang baru.

4. Posisi Baru

Bisa jadi juga perusahaan sedang mendirikan atau membuat departemen baru di perusahaannya. Sehingga memerlukan karyawan-karyawan baru pula untuk menempati posisi tersebut. Karyawan lama tidak cukup mumpuni di departemen tersebut sehingga perlu dicari tenaga kerja baru yang bisa memegang lingkup pekerjaan tersebut.

5. Survey

Ada juga alasan perusahaan melakukan perekrutan untuk melakukan survey seberapa besar ketertarikan tenaga kerja akan perusahaannya. Atau bisa jadi untuk mengukur seberapa populer perusahaan tersebut di mata publik. Pun bila perusahaan mengikuti bursa kerja bisa menjadi semacam riset perbandingan antara perusahaannya dan perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama.