Dunia Kerja

4 Tips Buat Karyawan Betah di Kantor

Bukan hanya soal pekerjaannya yang sesuai passion saja yang membuat Anda betah di kantor tetapi juga mengenai sikap, profesional dalam bekerja serta lingkungan. Ini semua tidak datang begitu saja tetapi harus Anda sendiri yang ciptakan.

1. Tahu Tujuan

Anda harus tahu pasti dan jelas apa yang menjadi tujuan Anda bekerja. Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda. Anda yang sekadar mencari uang, ada yang memang passion-nya tetapi tak jarang juga orang yang menjadikan pekerjaan yang sekarang sebagai lompatan kariernya.

Dengan mengetahui tujuan dalam pekerjaan Anda tidak akan terlunta-lunta ataupun tidak malas-malasan. Sehingga Anda selalu punya semangat untuk melakukan tugas-tugas Anda dan bisa melawan perasaan jenuh setiap kali teringat dengan tujuan Anda.

2. Belajar Mencintai

Mungkin terdengar omong kosong. Namun hanya dengan mencintai pekerjaan dengan sungguh-sungguh Anda bisa betah berada dalam himpitan rutinitas. Jalani hari-hari Anda dengan dedikasi dan kerjai tugas Anda dengan semangat dan hati riang.

Jangan menganggap pekerjaan sebagai beban. Jika Anda menganggapnya sebagai beban ini akan membuat Anda menjalani Senin sampai Jumat Anda. Hal terbaik yang selayaknya Anda lakukan selain menyukai apa yang Anda lakukan adalah mensyukuri apa yang Anda kerjakan. Karena tidak semua bisa beruntung seperti Anda memiliki pekerjaan demikian.

3. Apa yang Membuat Anda Semangat?

Selain jam istirahat tentunya. Cobalah cari-cari sekiranya apa yang membuat Anda bersemangat melangkahkan kaki ke kantor. Apakah bertemu rekan-rekan atau mungkin seseorang yang Anda taksirkah?

Atau bisa jadi ada sesuatu yang sedang Anda kejar misalnya atasan menjanjikan promosi atau perjalanan dinas bila Anda memenuhi target. Sebenarnya Anda bisa menciptakan motivasi-motivasi sendiri untuk membuat Anda bergairah berangkat ke kantor.

4. Nyamankan Diri

Anda harus menyamankan diri Anda sendiri ketika berada di kantor. Misalnya Anda menghias meja dengan sesuatu yang menarik seperti foto aktris atau aktor favorit, quotes penyemangat, foto keluarga, ataupun sesuatu yang lucu, unik yang membuat Anda merasa betah duduk manis lebih kurang delapan jam di depan komputer.