Wawancara Kerja

Tips Pede Saat Wawancara Kerja

percaya-diri-wawancaraSulit membangun rasa percaya diri saat wawancara, apalagi ini adalah wawancara pertama Anda. Namun kalau Anda sudah memiliki persiapan yang matang sebelumnya, tentunya perasaan rendah diri dan gugup yang biasanya kerap datang bisa dihindari. Persiapan seperti apa saja yang selayaknya dilakukan?

  1. Berdoa

Mungkin terdengar klise dan terlalu “rohani” namun memang sudah sepantasnyalah Anda menyerahkan hari wawancara Anda kepada Tuhan. Karena hanya Yang Maha Kuasa sajalah yang akan memampukan Anda untuk melewati ini.

  1. Membangun Semangat

Anda harus bisa membangun semangat ke diri sendiri. Kalau Anda dipanggil itu adalah bentuk ataupun wujud Anda memiliki sesuatu hal kelebihan yang membuat perusahaan tertarik kepada Anda. Lantas kenapa Anda harus menjadi tidak percaya diri? Tunjukkan saja kalau perusahaan tidak membuang-buang waktu dengan menjadwalkan wawancara kepada Anda.

  1. Quote Inspiratif

Tidak ada salahnya sebelum berangkat menuju lokasi wawancara, Anda membaca beberapa quote yang sekiranya bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan semangat Anda. Ini penting supaya Anda mendadak tidak gagu saat berhadapan dengan user.

  1. Orang Tersayang

Meminta semangat dari orang tersayang juga sebagai bentuk untuk membangun rasa percaya diri. Bisa jadi dari orangtua, saudara, teman bahkan pacar. Teleponlah mereka sebelum Anda melakukan wawancara. Mendengar hiburan dan semangat dari orang-orang yang penting buat hidup Anda akan memberikan semangat lebih.

  1. Berteriak Keras di Cermin

Pandang cermin dan berteriak keras, “Saya bisa, saya pasti bisa!” Ini tidak hanya upaya memberi semangat kepada diri sendiri tetapi juga bentuk terapi pelepasan himpitan debaran jantung yang berantakan karena gugupnya. Tapi lakukan ini di kamar ataupun ruang pribadi, bukan di ruang publik kalau tidak bisa jadi Anda disangka orang gila.

  1. Latihan Wawancara

Tidak ada cara lain untuk menjadi percaya diri selain mempersiapkan diri dengan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin bakal ditanyakan oleh pihak pewawancara. Lakukanlah latihan singkat dengan memprediksi kira-kira pertanyaan apa saja yang bakal diajukan pewawancara serta beserta jawabannya.