Kolom Pencari Kerja Wawancara Kerja

Tips Tidak Stres Saat Wawancara

stress-interviewStres saat hari H berlangsungnya wawancara adalah hal biasa. Sangat wajar malah. Apalagi kalau ternyata tempat dimana Anda melakukan wawancara tersebut adalah perusahaan yang diincar sudah lama ataupun ini adalah wawancara pertama Anda.

Namun tentu saja perusahaan ataupun user tidak mau tahu dengan itu semua. Yang paling diinginkan oleh perusahaan adalah karyawan yang baik untuk perusahaannya. Menghilangkan stres mungkin tidak serta-merta bisa dilakukan tapi jelas saja Anda punya cara untuk menghadapinya.

  1. Tidur Cukup

Terkesan sepele tetapi tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga supaya Anda tetap fresh dan segar. Sehingga Anda bisa tampil fit saat hari wawancara Anda. Sangat tidak lucu ‘kan kalau Anda tampil dengan lingkaran hitam di mata? Tidur yang kurang juga membuat Anda terkena migrain. Makanya, sangat tidak disarankan untuk tidur yang kurang sebelum hari H.

  1. Santai dan Rileks

Memang sih tidak semudah mengatakannya untuk menjadi santai dan rileks. Tapi harus Anda lakukan supaya hari H wawancara Anda berlangsung dengan baik. Cobalah melakukan hal-hal yang membuat Anda senang sehari sebelum wawancara. Seperti nonton mungkin, membaca buku, mendengarkan musik dan lain-lain.

  1. Datang Satu Jam Lebih Cepat

Datang lebih cepat akan mengurangi rasa tertekan Anda. Kalau Anda saja sudah merasa tertekan di perjalanan, misalnya terburu-buru waktu bagaimana lagi kalau Anda sudah berhadapan dengan user? Pastinya Anda akan semakin gugup dan merasa stres saat menjawab pertanyaan. Sehingga sudah pasti Anda tidak bisa memberikan jawaban yang terbaik.

  1. Hindari Susu

Hindari mengonsumsi susu atapun minuman dan makanan yang berpotensi membuat mual. Bukan hanya stres saja yang bisa ditimbulkan akibat mengonsumsi yang demikian tetapi juga akan membuat Anda susah belakang—karena ingin mau ke “belakang” terus. Sangat tidak nyaman bukan? 

  1. Kendaraan yang Aman

Gunakanlah kendaraan yang memungkinkan Anda sampai di lokasi dengan selamat tanpa perlu diribetkan oleh penampilan yang rusak, waktu yang terlambat serta hal-hal kecil lain yang berpotensi bikin Anda tertekan.