Wawancara Kerja

Apa yang Dinilai dari Wawancara Pertama?

Ini sering menjadi pertanyaan buat para pelamar—apalagi yang baru akan menjalani wawancara pertamanya. Kira-kira apa yang bakal ditanyakan oleh perusahaan? Apa yang diinginkan perusahaan dari calon karyawannya? Berikut adalah gambaran singkat informasi ataupun gambaran yang ingin diperoleh oleh pewawancara kepada calon karyawannya!

1. Kualifikasi

Tentunya perusahaan ingin tahu bagaimana kualifikasi calon karyawan atau pelamar. Apa yang membuatnya berbeda dengan calon-calon lainnya. Perusahaan juga ingin memastikan setiap detail informasi yang dituliskan di resume apakah benar atau tidak.

2. Ketertarikan

Seberapa besar ketertarikan calon karyawan kepada perusahaan tersebut. Apakah hanya sekadar untuk “mencari uang” saja atau memang memiliki ketertarikan khusus mengenai lingkup bidang di perusahaan tersebut.

3. Pengetahuan Tentang Perusahaan

Apakah calon karyawan mengenal perusahaan yang dilamarnya atau tidak. Walaupun tidak total benar-benar menguasai, setidaknya calon karyawan tahu sedikit banyak sejarah perusahaan tersebut. Produksinya apa saja, klien yang biasa diterima seperti apa serta deskripsi kasar mengenai perusahaan.

4. Kepribadian

Perusahaan tentunya ingin mengenal lebih baik mengenai kepribadian karyawannya. Tidak sekadar memberli kucing di dalam karung. Makanya, perusahaan meluangkan waktu untuk membuat lembar resume yang wajib diisi. Ini bukan karena perusahaan kurang kerjaan tetapi lebih kepada keinginan perusahaan untuk menggali lebih dalam biodata calon karyawannya.

5. Keteguhan Hati

Ya, seberapa tangguh si calon karyawan. Tentunya perusahaan tidak mau menerima calon karyawan yang lemah yang tidak memiliki ketangguhan dan gampang menyerah. Jangan heran bila mungkin Anda harus menerima keterlambatan jadwal wawancara, pertanyaan-pertanyaan aneh atau mungkin sengaja menjatuhkan mental Anda. Itu semua dilakukan untuk menguji seberapa tangguh Anda menerima dan menghadapi tantangan.

6. Kecocokan

Jika semua kualifikasi sudah oke dan sesuai ada satu hal lain yang ingin diketahui oleh perusahaan yaitu kecocokan calon karyawan dengan perusahaan tersebut. Apakah Anda tergolong orang fleksibel yang bisa menyatu dengan rekan-rekan kerja lain. Kemudian apakah kepribadian Anda sesuai dengan visi serta misi perusahaan.