Dunia Kerja

Tips Mencegah Stres Bekerja di Situasi Pandemi

Apakah saat ini Anda masih bekerja di kantor dengan jam yang terbatas atau Work From Home (WFH), pandemi COVID-19 sedikit banyak telah mengubah cara Anda bekerja. Ketakutan dan kecemasan tentang penyakit ini dan emosi lainnya bisa sangat membebani situasi di tempat kerja sehingga menyebabkan kelelahan psikis.

Bagaimana Anda dapat mengelola dan mengatasi emosi dan stres ini dapat memengaruhi kualitas hidup secara umum dan karier Anda. Selama pandemi masih berlangsung, Anda harus mengenali seperti apa stress dan mengambil langkah untuk membangun ketahanan dan mengelola stres kerja. Seperti apakah tips mencegah stres bekerja di situasi pandemi?

1. Komunikasikan dengan rekan kerja, supervisor, dan karyawan tentang kemungkinan stres kerja dengan mengidentifikasi hal-hal yang menyebabkan stres dan bekerja sama untuk menemukan solusinya. Beberapa perusahaan mengadakan konseling ataupun workshop secara daring mengenai pentingnya mengelola kesehatan mental karyawan di situasi pandemi.

Bicaralah secara terbuka dengan HRD ataupun atasan entang bagaimana pandemi memengaruhi pekerjaan. Harapannya ini bisa  dikomunikasikan dengan semua karyawan dan mendapatkan edukasi yang benar terkait ini.

2. Pertahankan jadwal tidur yang teratur. Beristirahatlah dari pekerjaan untuk peregangan, olahraga, atau tanyakan kepada kolega, rekan kerja, keluarga, dan teman Anda yang dapat mendukung supaya tetap waras selama bekerja di situasi pandemi.

3. Habiskan waktu di luar ruangan secara perkala, baik secara fisik aktif atau bersantai.Jika Anda bekerja dari rumah, tetapkan waktu reguler untuk mengakhiri pekerjaan Anda waktu yang dijadwalkan.

4. Lakukan hal-hal yang Anda sukai selama di luar jam kerja. Beristirahatlah dari menonton, membaca, atau mendengarkan berita, termasuk media sosial. Mendengar tentang pandemi berulang kali bisa membuat kesal dan melelahkan secara mental.

5. Terhubung dengan orang lain. Bicarakan dengan orang yang Anda percayai tentang kekhawatiran Anda, bagaimana perasaan Anda, atau bagaimana pandemi COVID-19 memengaruhi Anda.

Terhubung dengan orang lain melalui panggilan telepon, email, pesan teks, surat atau kartu pos, obrolan video, dan media sosial dapat membantu tetap waras dan sehat secara mental.

Bagaimana tahu kalau Anda sedang stres dalam bekerja? Ada beberapa tanda ataupun gejalanya yaitu:

  • Merasa kesal, marah, untuk alasan yang tidak bisa dijelaskan
  • Merasa tidak pasti, gugup, atau cemas
  • Kurang motivasi
  • Merasa lelah dan kewalahan
  • Merasa sedih atau tertekan
  • Kesulitan tidur
  • Kesulitan berkonsentrasi

Jangan sampai Anda berlarut-larut dalam situasi stres, ambil jeda sejenak, segarkan pikiran. Sebaiknya tidak memaksakan diri untuk menyelesaikan pekerjaan saat sedang stres karena sudah jelas hasilnya tidak akan maksimal.