Kolom Pencari Kerja

Tips Mencari Kerja di Masa Pandemi

Pandemi membuat banyak perusahaan menerapkan sistem kerja jarak jauh alias WFH. Dengan diberlakukannya work from home, sebagian perusahaan terpaksa memangkas jumlah karyawannya.

Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda harus terus mengirimkan resume atau hanya berasumsi bahwa tidak akan ada perusahaan yang membuka lowongan untuk beberapa waktu ke depan?

Memang saat ini perekenonomian sedang lesu, namun tetap berjejaring dan mencoba peluang adalah salah satu cara untuk bertahan di situasi yang sulit ini. Perusahaan mungkin tidak akan merekrut hari ini. Tapi ketika mereka membutuhkan SDM, data Anda sudah masuk di sistem mereka.

Mengetahui kemungkinan tersebut, tidak ada salahnya Anda tetap aktif melakukan pencarian sembari bersiasat bagaimana mencari kerja yang tepat di masa pandemi seperti saat ini. Ingin tahu tips dan triknya? Baca selengkapnya di sini!

1. Pertimbangkan Seberapa Mendesaknya Pencarian Anda

Jika Anda mampu untuk menunda pencarian pekerjaan, Anda mungkin bisa menunggu kesempatan yang benar-benar bagus untuk karier dan finansial ke depannya. Jika saat ini Anda sedang bekerja, pikirkan tentang bagaimana membuat pekerjaan Anda lebih menyenangkan dan menghasilkan.

Jika saat ini Anda sedang tidak bekerja, jangan langsung beranggapan pekerjaan Anda berikutnya sebagai pekerjaan yang sempurna dan akan menjadi jawaban untuk masalah Anda. Perlu Anda sadari kalau saat ini semua industri terpukul karena pandemi COVID-19.

Kalau Anda sedang menganggur, ada baiknya jangan terlalu berekspektasi tinggi. Pertimbangkan peluang-peluang yang lebih masuk akal ketimbang mengharapkan gaji tinggi ataupun pekerjaan yang harus benar-benar sesuai dengan bidang Anda.

2. Bergabung dengan Jaringan Online yang Suportif

Anda perlu mencari strategi jaringan baru dalam pencarian kerja. Caranya? Bergabunglah dengan komunitas online yang memberikan informasi seputar lowongan kerja ataupun tips kerja. Salah satu laman yang bisa Anda pergunakan sebagai media mencari pekerjaan adalah loker.id. Tidak hanya mendapatkan informasi ter-uptodate mengenai informasi pekerjaan yang Anda butuhkan, di sini Anda juga bisa membuat profile / resume online untuk mempermudah mencari kerja.

3. Tetap Terhubung

Mungkin Anda baru-baru ini menjalani wawancara yang menjanjikan dan tawaran pekerjaan yang menarik, tetapi Anda belum kunjung mendengar kabar dari manajer perekrutan atau orang yang mewawancarai Anda. Apa yang harus Anda lakukan? Hubungi orang tersebut melalui email untuk mengetahui update.

Pastikan Anda juga menunjukkan sikap yang bijaksana dan tidak menekan. Anda dapat menuliskan di email: “Saya ingin mengetahui apakah ada update mengenai hasil wawancara kemarin…”

Kalaupun jawabannya negatif Anda bisa meninggalkan kesan kalau Anda terbuka untuk kesempatan-kesempatan lain sesuai dengan pengalaman dan skill Anda.

4. Tingkatkan Keterampilan dan Jangan Membatasi Peluang

Sudah saatnya Anda jangan terpaku pada jobdesc ataupun profesi yang itu-itu saja.  Coba Anda renungi skill apa yang Anda miliki namun belum digunakan secara maksimal. Bersiaplah untuk mendapatkan posisi lain dengan memanfaatkan skill yang berbeda. Selamat mencoba!